Kompas.com - 03/08/2022, 05:00 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjalin suatu hubungan membutuhkan keseriusan dan itu bisa diwujudkan dengan sebuah komitmen.

Bagi pasangan yang mengaku serius, tapi tidak dibarengi dengan komitmen yang jelas, sama saja menjadikan hubungan itu terjebak dalam situasi abu-abu dan penuh ketidakjelasan.

Di zaman sekarang, anak-anak muda sering menyebutnya dengan "Hubungan Tanpa Status" atau "Teman Tapi Mesra."

Tidak ada hal positif dari hubungan yang seperti itu. Sebab, istilah tersebut seolah mendeskripsikan sebuah hubungan yang memasuki batas "romantis", namun tidak disertai "komitmen" di dalamnya.

Kondisi ini digambarkan secara teoritis sebagai commitment uncertainty atau ketidakjelasan komitmen.

Begitu menurut artikel Commitment Uncertainty: A Theoretical Overview yang diterbitkan di “Journal of Couple & Relationship Therapy, December 2014."

Konsep ini dapat dipahami sebagai sebuah proses metakognitif mengenai aspek-aspek dedikasi maupun batasan-batasan yang tercipta melalui keberadaan komitmen, yang pada akhirnya memengaruhi aspek-aspek tersebut secara signifikan.

Baca juga: Suara Kayu Bahas Hubungan Tanpa Status Lewat Lagu Kaktus 

Contohnya adalah identitas dari sepasang pasangan, kerelaan pasangan untuk saling berkorban, maupun berinvestasi pada satu sama lain.

Kalaupun memiliki dimensi kognitif dan emosional yang kuat, perubahan ini berkaitan juga dengan kondisi sosial di masyarakat yang perlahan mengadopsi tendensi-tendensi ketidakjelasan komitmen dalam perilaku relasionalnya.

Keberadaan komitmen yang menjadi dasar pola perilaku relasi romantis antara satu sama lain semakin hari semakin dirasa berkurang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.