Kompas.com - 04/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Susu merupakan minuman yang dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin karena kandungan kalsium, kalium, dan vitamin D di dalamnya.

Namun, bagaimana jika susu diberikan pada anjing? Apakah sama menyehatkannya?

Dilansir dari Daily Paws, rupanya susu tidak disarankan untuk diminum oleh anjing.

“Susu adalah satu dari dua makanan yang merupakan alergen bagi anjing, jadi banyak anjing yang tidak dapat menoleransinya.”

Demikian kata dokter hewan dan direktur Kingsgate Animal Hospital di Lubbock, Texas, Amerika Serikat, Jamie Whittenburg.

Baca juga: Mengajak Anjing Jalan-Jalan, Seberapa Sering Sebaiknya?

Anjing yang alergi susu dapat menunjukkan beberapa tanda, di antaranya gatal-gatal, menjilat kakinya, kulit berubah kemerahan, bulu rontok, muntah-muntah dan diare.

Whittenburg juga menambahkan, susu tinggi akan lemak dan kalori, namun tidak mengenyangkan, sehingga dapat membuat anjing kelebihan berat badan.

Selain itu, beberapa anjing juga intoleran terhadap laktosa yang biasa terkandung dalam susu sapi.

Kondisi ini diperparah dengan kemampuan produksi laktase (enzim yang dapat memecah laktosa) pada anjing yang menurun saat anjing semakin dewasa.

Lalu, sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, apa susu kambing yang memiliki kandungan laktosa lebih rendah dari susu sapi bisa diberikan untuk anak anjing.

Halaman:
Sumber Daily Paws


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.