Kompas.com - 12/08/2022, 08:20 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada berbagai macam gula yang biasa dikenal untuk menambahkan rasa manis pada makanan maupun minuman, seperti menggunakan gula pasir.

Tapi kita sering menemui ada gula pasir yang warnanya putih bersih, dan ada yang cokelat (brown sugar).

Meskipun proses pembuatannya sama, namun baik gula pasir putih dan gula cokelat ternyata memiliki perbedaan dari segi warna, tekstur, kandungan nutrisi, hingga manfaatnya.

Menurut The Sugar Association, selama proses pembuatan gula, produsen akan memisahkan kristal gula dari molase, yaitu sirup kental berwarna cokelat gelap yang secara alami terdapat dalam gula bit dan tebu.

Jumlah molase dalam suatu jenis gula inilah yang nantinya menentukan warna dan teksturnya. Ini berarti bahwa gula cokelat mengandung molase yang dihilangkan saat memproduksi gula putih.

Nutrisi gula putih dan cokelat

Secara nutrisi, tidak banyak perbedaan di antara keduanya. Gula cokelat mengandung 380 kalori per 100 gram, sedangkan gula putih mengandung 385 kalori per 100 gram.

Jadi, jika kita berpikir bahwa gula cokelat adalah pilihan yang lebih sehat daripada gula putih dalam menjaga defisit kalori, maka kita jelas salah informasi.

Namun kandungan kalsium dalam gula cokelat lebih banyak daripada gula putih, dengan 83 mg per 100 gram dibandingkan dengan 1 mg per 100 gram pada gula putih, .

Mineral lainnya juga, seperti zat besi, lebih tinggi dalam gula cokelat daripada gula putih.

Tetapi, kita harus ingat bahwa ketika kita hanya makan sesendok gula, perbedaan-perbedaan ini begitu kecil, sehingga tidak akan menjadi masalah.

Baca juga: Sedang Hits Brown Sugar, Benarkah Lebih Sehat dari Gula Putih?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.