Kompas.com - 15/08/2022, 11:01 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak yang meyakini bahwa musik bisa memberikan dampak porsitif bagi janin. Misalnya, dapat mendorong perkembangan otaknya atau meningkatkan respons janin terhadap suara.

Namun, musik seperti apa yang baik untuk bayi?

Dilansir dari Classic FM, sebuah penelitian menemukan bahwa musik terbaik bagi janin adalah musik klasik.

Dikatakan, Eine kleine Nachtmusik (‘A Little Night Music’) milik Mozart mendapatkan reaksi dari 91 persen janin, sementara ‘Someone Like You’ milik Adele hanya mendapatkan reaksi dari 60 persen janin

Adapun temuan tersebut didapatkan setelah tim peneliti dari Institut Marquès memperdengarkan berbagai jenis musik pada 300 janin dalam perut ibu yang telah memasuki minggu ke-18 hingga ke-38 kehamilan.

Setelah memainkan 15 lagu dari tiga genre musik berbeda, para peneliti pun mempelajari pergerakan mulut dan lidah bayi.

Baca juga: Efek Berbagai Genre Musik Terhadap Mood Kita

Musik yang cocok untuk janin

Hasilnya, ditemukan bahwa BWV1030 milik Bach memicu pergerakan lidah dari 87 persen jann, sementara Peter and the Wolf milik Prokofiev membuat 88 persen bayi menggerakkan lidahnya.

Lalu selain lagu-lagu klasik, dilaporkan bahwa para peneliti membuat janin mendengarkan musik-musik tradisional dan pop-rock, yang semuanya diputar melalui speaker internal khusus.

Penelitian pun membuktikan bahwa musik-musik tradisional cukup berperan dalam mendorong pergerakan lidah bayi.

Misalnya, lagu natal khas Spanyol yang membuat pergerakan lidah pada 91 persen janin, dan lagu tradisional Jepang yang membuat 84 persen janin menggerakkan lidahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.