BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial

Sering Merasa Minder? Berikut 6 Tip Atasi Rasa Kurang Percaya Diri

Kompas.com - 16/08/2022, 18:03 WIB

KOMPAS.comPercaya diri merupakan keyakinan terhadap kemampuan dan value yang dimiliki diri sendiri. Dalam buku The Personality Test, Peter Lauster menuliskan bahwa dengan kepercayaan diri, seseorang tidak akan merasa terlalu cemas dalam bertindak.

Kepercayaan diri juga berarti perasaan bebas untuk melakukan berbagai hal sesuai keinginan, tapi tetap bertanggung jawab atas perbuatannya.

Selain itu, kepercayaan diri pun terlihat dari sopan santun saat interaksi dengan orang lain. Orang dengan kepercayaan diri juga memiliki dorongan untuk berprestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Sayangnya, banyak orang kerap merasa tidak percaya diri atau minder. Padahal, perasaan negatif ini dapat menghalangi seseorang untuk melakukan banyak hal. Kondisi ini juga bisa berdampak besar pada interaksi sosial, karier, bahkan kesehatan mental seseorang.

Untuk menghindarinya, kamu dapat menerapkan enam tip membangun kepercayaan diri yang dijabarkan Anna Barnes dalam buku How to Be Confident.

1. Menerima diri

Tak ada manusia yang sempurna. Oleh sebab itu, kamu seyogianya menerima kekurangan dan kelebihan diri yang dimiliki.

Sikap tersebut dapat mengurangi keraguan yang memicu rasa tidak percaya diri. Hal itu juga akan membantu kamu untuk fokus memperbaiki kekurangan sekaligus meningkatkan kelebihan secara optimal.

2. Apresiasi pencapaian

Seluruh pencapaian dalam hidup tidak diraih melalui proses yang instan. Hasil baik bisa didapat secara bertahap. Tak jarang, pencapaian terbaik dimulai dari langkah sederhana dan dilalui dengan penuh tantangan.

(Baca juga: Serba-serbi Self-Reward, dari Manfaat hingga Rekomendasi yang Cocok)

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk menjadi percaya diri adalah dengan mengapresiasi setiap pencapaian yang diraih. Hal ini juga akan memotivasi kamu untuk berjuang lebih baik lagi.

3. Jangan membandingkan

Salah satu penyebab kemunculan rasa minder adalah kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kebiasaan ini dapat membuat kamu kehilangan fokus dan meragukan potensi yang dimiliki.

Anna menganalogikan hal tersebut dengan lomba lari. Dalam lomba ini, setiap peserta memiliki lintasan yang berbeda. Jika seseorang terlalu sering melihat lintasan peserta lain, dia justru akan mudah tersandung dan jatuh.

4. Hindari overthinking

Overthinking merupakan tindakan memikirkan banyak hal secara berlebihan dan cenderung tidak beralasan.

Hal tersebut dapat memicu kecemasan terhadap sesuatu yang belum pasti terjadi, seperti cemas memikirkan kegagalan di masa lalu akan terulang lagi atau memikirkan pandangan orang lain terhadap diri sendiri. Pada akhirnya, overthinking akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Untuk menghindari overthinking, kamu bisa melatih diri untuk berfokus pada hal-hal realistis yang akan ingin dicapai.

5. Kelola emosi

Sebagian orang kerap merasa kesulitan atau bahkan sengaja memendam perasaan. Tak hanya berefek negatif pada tubuh, kebiasaan ini juga dapat memicu masalah kesehatan mental.

Oleh sebab itu, emosi, terutama emosi negatif, sebaiknya dikelola dengan baik. Dengan demikian, kamu akan lebih percaya diri.

6. Ubah kebiasaan buruk

Kebiasaan merupakan salah satu fondasi keberhasilan. Mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik dapat berdampak positif kepada diri sendiri. Hal ini pun bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Beberapa kebiasaan baik yang perlu dipupuk adalah berolahraga secara teratur, menjaga pola makan, dan mengekspresikan diri dengan penampilan baru.

Salah satu bentuk ekspresi diri yang bisa dilakukan adalah menggunakan perhiasan, misalnya perhiasan berlian wanita Mondial Dreams dari #Mondial.

Perhiasan berlian Mondial Dreams terinspirasi dari kemauan dan kepercayaan diri kuat yang dimiliki seseorang untuk #WinYourDREAMS.JULIANUS SOAN Perhiasan berlian Mondial Dreams terinspirasi dari kemauan dan kepercayaan diri kuat yang dimiliki seseorang untuk #WinYourDREAMS.

Sebagai informasi, high quality jewellery Mondial Dreams terinspirasi dari kemauan dan kepercayaan diri kuat yang dimiliki seseorang untuk #WinYourDREAMS.

Seperti halnya dalam pembuatan perhiasan berlian istimewa Mondial Dreams, untuk mewujudkan mimpi, seseorang harus bersiap menghadapi tekanan dalam perjalanan panjang.

(Baca juga: Stylish dan Elegan, 3 Fashion Item Era Victoria Berikut Tak Lekang Dimakan Zaman)

Filosofi tersebut diharapkan dapat membuat pemakai Mondial Dreams merasa #ImDifferent sekaligus percaya diri dalam berbagai kesempatan.

Sebagai pengembangan dari koleksi sebelumnya, Mondial Dreams diperkaya dengan 16 cincin berlian wanita, 2 gelang berlian modern, 7 anting berlian mewah, serta 12 liontin berlian terbaru.

Tak hanya cocok digunakan sebagai penunjang penampilan agar lebih percaya diri, rare diamond jewellery Mondial Dreams juga bisa dijadikan inspirasi hadiah unik, termasuk hadiah anniversary.

Informasi selengkapnya mengenai Mondial Dreams dapat kamu temukan pada laman resmi Mondial dan akun Instagram @mondial.

Sementara itu, untuk mendapatkan produk Mondial Dreams dan berbagai koleksi exclusive diamond jewellery lain dari Mondial, kamu bisa mengunjungi gerai-gerai Mondial yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.