Kompas.com - 17/08/2022, 09:25 WIB

KOMPAS.com - Ular tanah merupakan salah satu jenis ular yang patut kita waspadai di pemukiman, selain ular weling, piton, dan kobra.

Pasalnya ular tanah dalam beberapa kasus ditemukan menyelinap ke dalam rumah atau bersarang di pekarangan dan kebun.

Tentu penghuni rumah mana pun tidak ingin tinggal bersama atau berdekatan dengan ular tanah yang termasuk keluarga beludak itu.

Mengingat ular tanah punya sifat yang agresif dan bisanya cukup berbahaya apabila korban gigitan ular ini tidak segera ditangani.

Baca juga: Musim Hujan Segera Tiba, Ini 5 Jenis Ular yang Kerap Masuk Rumah

Ciri-ciri ular tanah

Kita sebaiknya mengetahui ciri-ciri ular tanah supaya bisa mengetahui potensi bahaya yang bisa terjadi ketika menemuinya.

Ular tanah memiliki nama latin Calloselasma rhodostoma. Ular ini merupakan ular endemi di Asia Tenggara. Ular ini banyak ditemukan di Thailand, Malaysia bagian selatan, dan Pulau Jawa. Ular tanah merupakan ular berbisa yang berbahaya.

Ular ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda di wilayah Indonesia. Nama lokal di Indonesia antara lain, bandotan bedor, oray lemah, ular gibug, dan ular edor. Sedangkan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama Malayan pit viper.

Perlu diketahui bahwa ular tanah merupakan hewan pemangsa yang suka menyergap.

Ular tersebut bisa dikenali dari tubuhnya yang cenderung gemuk, sedikit pendek, dan tidak terlalu besar.

Biasanya ular tanah mempunyai panjang sekitar 76 centimeter. Dalam hal ini ular tanah betina lebih panjang ketimbang yang jantan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.