Kompas.com - 19/08/2022, 11:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Masakan yang digoreng garing dengan teknik deep frying memang enak untuk disantap. Namun, teknik menggoreng dengan cara benar-benar merendam makanan dalam minyak panas ini bisa jadi salah satu kegiatan yang ditakuti.

Pasalnya, deep frying bisa membuat kita terciprat minyaknya. Tak hanya membuat kulit terasa panas, cipratan minyak itu juga bisa tersebar ke area lain, membuat dapur menjadi kotor dan berantakan.

Namun, tenang saja. Sebenarnya kita tetap bisa menggoreng menggunakan teknik deep frying dengan aman tanpa membuat dapur kotor dan berantakan akibat percikan-percikan minyak itu.

Baca juga: Mengenal Deep Frying, Teknik Menggoreng yang Bikin Makanan Renyah

Menggoreng deep frying tanpa terciprat minyak

Dikutip dari laman Allrecipes, berikut tips deep frying tanpa cipratan minyak.

Gunakan panci yang dalam dan lebar

Gunakan panci atau wajan dengan permukaan dalam dan lebar, seperti stockpot atau alat deep fryer yang dapat menampung cukup minyak agar makanan bisa terendam sempurna.

Namun, buat jarak setidaknya 10 centimeter di antara bagian atas minyak dan bibir wajan untuk mencegah minyak tumpah dan meminimalisir percikan.

Kita juga bisa menggunakan wajan dengan sisi miring dan panjang untuk deep frying.

Gunakan minyak dengan rasa netral dan titik asap tinggi

Gunakan minyak rasa netral dan dengan titik asap tinggi seperti minyak kacang, minyak bunga matahari, safflower, minyak kelapa sawit, atau minyak kedelai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.