Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2022, 11:07 WIB

KOMPAS.com - Lingkungan kerja sangat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Apalagi orang dewasa menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja.

Survei global yang dilakukan terhadap 14.000 karyawan di seluruh dunia pada Maret- April 2021 menunjukkan, setengah karyawan melaporkan merasa agak stres setiap hari.

Kesehatan mental karyawan tidak hanya memengaruhi karyawan itu sendiri, tetapi juga memengaruhi performa perusahaan.

Karyawan yang mengalami tekanan mental akan mengalami penurunan produktivitas sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Sebaliknya, karyawan yang puas dan bahagia akan bekerja dengan produktif.

Baca juga: Ini Tandanya jika Kita Sebenarnya Berperilaku Quiet Quitting di Kantor

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa setiap satu US Dollar yang digunakan untuk meningkatkan pengobatan gangguan mental, akan menghasilkan pengembalian dalam peningkatan kesehatan dan produktivitas sekitar empat US Dollar.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan dibutuhkan kerja sama yang baik antara karyawan dan perusahaan—dalam hal ini diwakili oleh manajer yang bertindak sebagai agen perubahan.

Penciptaan lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan mental karyawan antara lain dilakukan oleh Lazada Indonesia dengan program-program khusus, termasuk konsultasi online untuk masalah-masalah terkait kesehatan mental.

Chief People Officer Lazada Indonesia Evelyn Yonathan mengatakan, terjadinya pandemi COVID-19 mendorong perusahaan untuk terus mengembangkan berbagai program kesejahteraan karyawan.

“Setelah LazListen, kami kini bermitra dengan Good Doctor yang telah berpengalaman dalam merancang program kesehatan digital khusus terkait dengan perawatan kesehatan yang efektif,” katanya.

Baca juga: Sadari, 5 Risiko Lakukan Diagnosis Kesehatan Mental Sendiri

Dalam kampanye ARE YOU OKAY? dan AM I OKAY? diadakan lima sesi webinar yang dibawakan oleh para psikolog berpengalaman serta games dan tantangan untuk kepemimpinan.

Kelima sesi webinar itu membahas topik stres kerja secara lengkap. Mulai dari mengetahui sumber stres, beban kerja, lingkungan kerja, mengatasi diri di tengah ketidaknyamanan, hingga psikosomatis dan isu kesehatan mental lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.