Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lingkungan Kerja Positif Bisa Dukung Kesehatan Mental

Kompas.com - 03/09/2022, 11:07 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Lingkungan kerja sangat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Apalagi orang dewasa menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja.

Survei global yang dilakukan terhadap 14.000 karyawan di seluruh dunia pada Maret- April 2021 menunjukkan, setengah karyawan melaporkan merasa agak stres setiap hari.

Kesehatan mental karyawan tidak hanya memengaruhi karyawan itu sendiri, tetapi juga memengaruhi performa perusahaan.

Karyawan yang mengalami tekanan mental akan mengalami penurunan produktivitas sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Sebaliknya, karyawan yang puas dan bahagia akan bekerja dengan produktif.

Baca juga: Ini Tandanya jika Kita Sebenarnya Berperilaku Quiet Quitting di Kantor

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa setiap satu US Dollar yang digunakan untuk meningkatkan pengobatan gangguan mental, akan menghasilkan pengembalian dalam peningkatan kesehatan dan produktivitas sekitar empat US Dollar.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan dibutuhkan kerja sama yang baik antara karyawan dan perusahaan—dalam hal ini diwakili oleh manajer yang bertindak sebagai agen perubahan.

Penciptaan lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan mental karyawan antara lain dilakukan oleh Lazada Indonesia dengan program-program khusus, termasuk konsultasi online untuk masalah-masalah terkait kesehatan mental.

Chief People Officer Lazada Indonesia Evelyn Yonathan mengatakan, terjadinya pandemi COVID-19 mendorong perusahaan untuk terus mengembangkan berbagai program kesejahteraan karyawan.

“Setelah LazListen, kami kini bermitra dengan Good Doctor yang telah berpengalaman dalam merancang program kesehatan digital khusus terkait dengan perawatan kesehatan yang efektif,” katanya.

Baca juga: Sadari, 5 Risiko Lakukan Diagnosis Kesehatan Mental Sendiri

Dalam kampanye ARE YOU OKAY? dan AM I OKAY? diadakan lima sesi webinar yang dibawakan oleh para psikolog berpengalaman serta games dan tantangan untuk kepemimpinan.

Kelima sesi webinar itu membahas topik stres kerja secara lengkap. Mulai dari mengetahui sumber stres, beban kerja, lingkungan kerja, mengatasi diri di tengah ketidaknyamanan, hingga psikosomatis dan isu kesehatan mental lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com