Kompas.com - 13/09/2022, 08:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Istilah sleep apnea mulai populer sejak beberapa tahun belakangan.

Pada seseorang yang mengalami sleep apnea, sistem pernapasan mereka akan terganggu secara berulang kali selama mereka tertidur.

Gangguan tidur ini akan memengaruhi kualitas tidur dan membuat tubuh merasa lelah keesokan harinya.

Lebih dari itu, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Science Daily menunjukkan adanya hubungan antara sleep apnea dengan penyakit alzheimer.

Baca juga: Sering Ngorok dan Mengantuk Saat Siang? Waspadai Sleep Apnea

Sleep apnea dan penyakit alzheimer saling terkait

Berdasarkan temuan studi, para peneliti menyebutkan baik penyakit alzheimer maupun sleep apnea diawali dari area yang sama dan menyebar dengan cara yang sama.

Seperti dilaporkan American Sleep Apnea Association, sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia mengalami obstructive sleep apnea (OSA).

Kata apnea mengacu pada jeda pernapasan yang berlangsung setidaknya 10 detik. Kondisi ini bisa terjadi pada individu yang mendengkur saat tidur, mengalami kelelahan, atau memiliki kualitas tidur yang buruk secara konsisten.

"Gangguan tidur termasuk sleep apnea juga berperan penting dalam neurodegenerasi," catat spesialis pengobatan tidur, Reena Mehra, MD.

"Contohnya, berkurangnya waktu tidur dan gangguan ritme sirkadian (jam internal tubuh)."

Penyebab sleep apnea menurunkan fungsi kognitif

Gangguan kognitif ringan adalah gangguan yang mungkin disadari oleh orang terdekat kita, namun belum tentu memengaruhi kehidupan sehari-hari kita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.