Kompas.com - 19/09/2022, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Hari Senin menjadi awal yang baik untuk memulai pekan. Tapi, tak jarang pikiran menjadi overthinking ketika hari Senin tiba.

Overthinking perlu dikurangi sekaligus dicegah karena kondisi ini membuat kita memikirkan sesuatu atau banyak hal secara berlebihan.

Jika dibiarkan, overthinking pada gilirannya membuat perasaan tidak nyaman dan cemas, bahkan kita menjadi fokus pada masalah, bukan solusi.

Kata-kata motivasi hari Senin untuk redakan overthinking

Meski overthingking bisa menggacaukan pikiran kita ketika bekerja, untungnya kondisi ini bisa diatasi dengan membaca kata-kata motivasi.

Berikut kata-kata motivasi hari Senin untuk redakan overthinking. Yuk, simak!

  1. Semakin lama aku memikirkannya, semakin aku menyadari bahwa terlalu banyak berpikir bukanlah masalah sebenarnya. Masalah sebenarnya adalah kita tidak percaya (LJ Vanier).
  2. Jika kamu menekankan kebahagiaan, kamu salah melakukannya (Shannon L. Alder).
  3. Overthinking merusakmu. Itu merusak situasi. Dan itu memutarbalikkan keadaan. Itu membuatmu khawatir. Ditambah lagi, itu hanya membuat segalanya menjadi lebih buruk daripada yang sebenarnya (Karen Salmansohn).
  4. Aku berpikir, berpikir, dan berpikir. Aku sudah memikirkan diriku sendiri keluar dari kebahagiaan satu juta kali, tetapi tidak pernah sekalipun masuk ke dalam kebahagiaan (Jonathan Safran Foer).
  5. Khawatir itu seperti kursi goyang. Ini memberimu sesuatu untuk dilakukan, tetapi tidak membawamu ke mana pun (Van Wilder).
  6. Berpikir terlalu berlebihan adalah penyakit (Fyodor Dostoyevsky).
  7. Jangan terlalu dalam, itu mengarah pada overthinking, dan overthinking membawa ke arah masalah yang sebenarnya tidak ada sejak awal (Jayson Engay).
  8. Jangan berpikir. Itu memperumit banyak hal saja dan jika terasa seperti rumah maka itu jalannya (RM. Drake).
  9. Overthinking bisa menciptakan masalah yang tidak pernah ada (David Sikhosana).
  10. Kesalahpahaman yang paling di dunia bisa jadi dihindari jika orang hanya meluangkan waktu untuk bertanya, "Apa lagi artinya ini?" (Shannon L. Alder).
  11. Jangan merenung. Lanjutkan hidup dengan penuh cinta. Kamu tidak memiliki hidup selamanya (Habeeb Akande).
  12. Berhentilah khawatir apa yang terjadi akan esok. Fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan. Tetap positif. Nikmati hari ini. Harapkan hal yang baik akan datang (Karen Salamsohn).
  13. Kita menjadi susah karena terlalu banyak berpikir. Kita lama-kelamaan membunuh diri kita sendiri karena memikirkan segalanya (Anthony Hopkins).
  14. Luangkan 80 persen waktumu untuk fokus pada kesempatan hari esok daripada masalah kemarin (Brain Tracy).
  15. Overthinking merusak suasana hati dan membunuh getaran yang baik (Supa Nova Slom).
  16. Ayahku mengajariku untuk tidak terlalu memikirkan banyak hal, bahwa tidak ada yang akan sempurna, jadi teruslah bergerak dan lakukan pekerjaan terbaik (Scott Eastwood)
  17. Kadang-kadang kamu terlalu banyak berpikir, kamu meyakinkan diri sendiri untuk keluar dari itu dan kamu harus melakukan itu. Kamu tidak bisa menjalani hidup dengan penyesalan (Michael B. Jordan).
  18. Jangan overthinking. Terkadang kamu bisa meyakinkan pikiranmu untuk tidak mendengarkan hatimu. Itu adalah keputusan yang kamu sesali selama sisa hidupmu (Leah Braemel).
  19. Overthinking dapat menyebabkan kekhawatiran yang membuat kecemasan. Kecemasan kadang-kadang dapat melumpuhkan, membuat orang membeku dan tidak dapat bertindak (Brien Blatt).
  20. Aku mengagumi cara berpikir yang linier dan tegas dari beberapa orang tertentu, hingga overthinking yang tak terbatas (J. Courtney Sullivan).
  21. Tidurkan pikiranmu. Jangan biarkan mereka membayangi hatimu. Lepaskan pikiran (Rumi)
  22. Berpikir tidak akan mengalahkan rasa takut tetapi tindakan akan mengalahkannya (W. Clement Stone).
  23. Kebanyakan dari kita tidak pernah berhenti untuk mempertimbangkan berkah kita, melainkan kita menghabiskan hari hanya memikirkan masalah kita (Bernie Siegel).
  24. Berpikir berlebihan itu parasit. Ini menyebar. Ini mematikan (Genereux Philip).
  25. Aku telah menyadari bahwa terkadang aku lebih baik bekerja pada orang yang sibuk. Ini memberiku lebih sedikit waktu untuk memikirkan sesuatu secara berlebihan dan memaksa saya untuk fokus (Torrey DeVitto).
  26. Mengkhawatirkan kesalahan akan terjadi tidak membantu semuanya berjalan dengan baik (Karen Salmansohn)
  27. Berpikir berlebihan sering kali merupakan hasil dari tidak banyak melakukan (Yehuda Berg).
  28. Kecemasan pada anak-anak pada awalnya tidak lain adalah ekspresi dari fakta bahwa mereka merasa kehilangan dari orang yang mereka cintai (Sigmund Freud).
  29. Jika kamu ingin menaklukkan kecemasan hidup, hiduplah pada saat ini, hiduplah dengan bernapas (Amit Ray).
  30. Banyak kekhawatiran dapat dikurangi dengan menyadari tidak pentingnya masalah yang menyebabkan kecemasan (Bertrand Russell).
  31. Tidak ada dalam hidup yang lebih luar biasa daripada kecemasan yang tidak perlu yang kita alami, dan biasanya menciptakan diri kita sendiri (Benjamin Disraeli).
  32. Kesalahan dalam penilaian tidak fatal, tetapi terlalu banyak kecemasan tentang penilaian (Pauline Kael).
  33. Tidak ada kecemasan yang membuat perbedaan pada apa pun yang akan terjadi (Alan Watts).
  34. Telah dikatakan dengan baik bahwa kecemasan kita tidak mengosongkan hari esok dari kesedihannya, tetapi hanya mengosongkan kekuatannya hari ini (Charles Spurgeon).
  35. Kecemasan kita tidak datang dari memikirkan masa depan, tetapi dari keinginan untuk mengendalikannya (Kahlil Gibran).
  36. Jika kamu memperlakukan setiap situasi seperti masalah hidup dan mati, kamu akan mati berkali-kali (Dean Smith).
  37. Overthinking tidak akan membantumu atas hal-hal yang berada di luar kendali. Jadi, biarlah jika itu dimaksudkan dan hargai saat ini (Mahsati A).
  38. Kurangi overthinking, lebih hidup (SR Crawford).
  39. Jika kamu tidak bisa tidur, bangunlah dan lakukan sesuatu daripada berbaring di sana dan khawatir. Kekhawatiranlah penyebabnya, bukan kurang tidur (Dale Carnegie).
  40. Aku harus mengingatkan diri sendiri, berhenti memikirkan masa depan. Berhenti memikirkan apa yang terjadi di tempat kerja hari ini, atau pilihan lain yang bisa kamu buat (Anna Gun).
  41. Luangkan waktu untuk berunding, tetapi ketika waktu untuk bertindak telah tiba, berhentilah berpikir dan masuklah (Napoleon Bonaparte).
  42. Ketika kamu mulai khawatir, cari sesuatu untuk dilakukan, khawatir sama sekali tidak berguna. Khawatir tidak akan menyelesaikan masalahmu (Joyce Meyer).
  43. Kamu tidak dapat mengubah siapa dirimu, tetapi kamu dapat mengubah apa yang ada di pikiranmu, kamu dapat menyegarkan apa yang kamu pikirkan, kamu dapat memberikan udara segar ke otakmu (Ernesto Bertarelli).
  44. Berhentilah overthinking, berikan lebih banyak energi pada apa yang benar-benar ingin kamu lakukan (Amit Ray).
  45. Jangan menyimpan sesuatu. Itu tidak baik untukmu (Kody Keplinger).
  46. Berhentilah berpikir, dan akhiri masalahmu (Lao Tzu).
  47. Senjata terbesar melawan stres adalah kemampuan kita untuk memilih satu pemikiran di atas yang lain (William James).
  48. Melakukan sesuatu yang produktif adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres emosional. Buat pikiranmu melakukan sesuatu yang produktif (Ziggy Marley).
  49. Tetapkan ketenangan pikiran sebagai tujuan tertinggimu, dan atur hidupmu di sekitarnya (Brian Tracy).
  50. Semakin dekat seseorang dengan pikiran yang tenang, semakin dekat ia dengan kekuatan (Marcus Aurelius).
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kidadl


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.