Kompas.com - 22/09/2022, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Dari sekian banyak ulah tikus di rumah, mendapati kabel peralatan elektronik sudah dirusak tikus paling membuat was-was.

Bagaimana tidak, kabel yang telanjur putus karena gigitan tikus berisiko merusak peralatan elektronik, termasuk mobil atau motor.

Tak hanya itu, ulah tikus yang satu ini berisiko membahayakan rumah karena kabel yang rusak digerogoti dapat memicu korsleting listrik.

Penghuni rumah mana pun tentunya tidak berharap hal tersebut terjadi. Untuk itu, kabel dan peralatan elektronik perlu dijauhkan dari tikus. Caranya?

Baca juga: Hindari 6 Hal Ini untuk Mencegah Tikus Bersarang di Garasi

Penyebab tikus suka menggerogoti kabel

Ulah tikus yang menggerogoti kabel pastinya membuat penghuni rumah mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki peralatan elektronik yang rusak.

Dikutip dari Automatic Trap, tikus memiliki kebiasaan menggerogoti karena hewan pengerat ini punya naluri untuk mengunyah.

Hal itu dilakukan supaya gigi depan tikus tidak tumbuh secara berlebihan. Tak heran, kalau tikus juga mengincar kabel -selain kayu dan plastik.

Cara mencegah tikus menggerogoti kabel

Kabel peralatan elektornik, motor, dan kabel wajib diselamatkan dari gigitan tikus. Tapi, apa yang harus dilakukan? Berikut jawabannya.

Di rumah

Ada beberapa cara supaya kabel peralatan elektronik di rumah tidak dirusak oleh tikus, yakni:

  • Tutup titik masuk tikus

Penghuni rumah tidak sadar bahwa tempat tinggalnya memiliki titik masuk yang sering dilalui oleh tikus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.