Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2022, 17:29 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membeli barang preloved branded seperti tas masih terus diminati, bahkan di masa pandemi.

Selain karena harganya yang lebih murah, tas preloved branded juga biasanya tersedia dalam berbagai model dan bentuk yang unik, sehingga orang-orang bisa merasa lebih berbeda dari yang lain.

Kendati demikian, membeli tas preloved branded tidak selalu bisa sesuai dengan keinginan, apalagi bagi orang-orang yang baru pertama kali membelinya.

Nah, agar pengalaman membeli preloved branded tidak mengecewakan, berikut ada beberapa tips yang dapat dicoba.

1. Membeli secara offline

Sejak masa pandemi mereda, orang-orang mulai kembali untuk berbelanja barang secara langsung atau offline.

Founder Irresistible Bazaar & Irress Urban Bazaar, Marisa Tumbuan, mengatakan bahwa membeli tas secara offline sangat menguntungkan para pembeli, khususnya bagi pemula.

"Saya merekomendasikan untuk belanja offline supaya tidak kecewa ya, karena kan kita bisa ketemu dengan seller yang sudah terpercaya," kata Marissa saat press gathering Irresistible Bazaar di Gandaria City Jakarta, Rabu (28/9/2022).

"Selain itu, kita juga bisa melihat langsung barangnya dan membandingkan dengan yang lain supaya lebih puas."

"Terlebih, bagi para pembeli yang pertama kali membeli tas preloved branded, mereka benar-benar bisa mendapatkan tas impian sesuai dengan budget yang sudah disiapkan karena bisa hunting langsung," ujar dia.

2. Teliti dalam memilih tas

Tidak semua tas preloved branded memiliki kualitas yang sama seperti tas baru karena sudah pernah dipakai sebelumnya.

Marisa pun merekomendasikan kita untuk benar-benar teliti dalam memilih tas dan sebisa mungkin memeriksanya luar dan dalam.

"Sudah pasti harus teliti sampai ke dalam. Lihat zipper, buka kantongnya. Jadi periksa kondisi barangnya supaya tidak kecewa," ungkapnya.

3. Membeli di toko yang terpercaya

Selanjutnya, Marisa mengatakan bahwa membeli tas preloved branded di toko yang terpercaya juga penting untuk memastikan keasliannya.

Acara Irresistible Bazaar yang berlangsung di Gandaria City Jakarta mulai tanggal 28 September hingga 2 Oktober 2022.Ryan Sara Pratiwi Acara Irresistible Bazaar yang berlangsung di Gandaria City Jakarta mulai tanggal 28 September hingga 2 Oktober 2022.
Meski begitu, dia menyebutkan bahwa ada atau tidaknya sertifikat bukanlah penanda kalau tas itu asli atau tidak. Apabila toko tersebut sudah terjamin dan memiliki rating yang baik, maka barangnya pun bisa dipastikan asli.

"Kalau tidak tahu barangnya asli atau palsu ya belanja di tempat yang sudah terjamin. Tetap pastikan juga untuk memeriksa kondisinya masih baik atau tidak," terang Marisa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com