Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2022, 11:39 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Sekeras-kerasnya kamu berusaha membina hubungan dengan kekasih, tidak ada artinya jika calon mertua alias camer tidak memberikan restu.

Calon mertua mungkin tidak mengizinkan anaknya untuk menikah denganmu karena berbagai alasan yang membuat mereka merasa ragu.

Salah satu alasannya kemungkinan adalah perilaku yang kamu tunjukkan di hadapan calon mertua kurang bisa diterima.

Bisa jadi, kamu mengucapkan kata-kata yang seharusnya tidak dilontarkan, kurang ramah, atau berperilaku tidak sopan ketika bertamu.

Karena inilah kamu perlu mengedepankan etika saat bertemu dengan mertua supaya mereka yakin bahwa calon menantunya adalah sosok yang baik.

Baca juga: 11 Cara Bangun Chemistry dengan Mertua agar Tak Cekcok

Etika bertemu calon mertua

Entah kamu bertemu calon mertua untuk pertama kali atau sudah berulang-ulang, ada beberapa etika yang wajib diperhatikan.

Berikut etika yang alangkah baiknya kamu tunjukkan supaya kamu auto di-approve jadi menantu. Jangan sampai lupa, ya!

1. Cari tahu sifat calon mertua

Tidak ada salahnya bertanya kepada pacar seputar sifat orangtuanya, seperti hal apa saja yang mereka sukai dan tidak sukai.

Misalnya, ketika calon mertua berencana datang ke rumahmu tapi mereka tidak menyukai rumah yang berantakan, ada baiknya kamu langung berbenah.

Cara lainnya adalah memasukkan hewan peliharaan ke kandang atau ke kamar apabila calon mertua tidak menyukai keberadaan si anabul.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mencari tahu seperti apa sifat yang dimiliki calon mertua supaya obrolanmu dengan mereka menjadi lancar.

Cari tahu juga hal apa saja yang tidak mau dibahas oleh calon mertua dengan bertanya ke pasangan supaya tidak menimbulkan perdebatan.

2. Mengatur waktu dan tempat

Kalau pun kamu ingin bertemu mertua di tempat netral, seperti kafe atau restoran, carilah tempat yang nyaman untuk ngobrol.

Pastikan juga kamu memilih tempat makan yang hidangannya bisa diterima calon mertua dan jangan terlambat sebelum waktu janjian tiba.

Yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan terlebih dahulu pihak mana yang seharusnya membayar tagihan makanan.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com