Kompas.com - 25/11/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar ibu hamil mungkin akan bertanya-tanya apakah aman untuk berolahraga selama masa kehamilan?

Kekhawatiran itu merupakan suatu hal yang wajar karena pada masa kehamilan para ibu hamil perlu berhati-hati dengan kondisi kesehatannya.

Mulai dari apa yang mereka makan, minum, hirup sampai aktivitas fisik seperti olahraga yang bisa berdampak langsung pada janin yang ada di dalam kandungan.

Baca juga: 4 Makanan Ibu Hamil agar Bayi Lahir dengan Rambut Tebal 

Apakah ibu hamil boleh olahraga?

Olahraga untuk ibu hamilHealthshots Olahraga untuk ibu hamil

Berolahraga selama hamil tidak hanya dianjurkan, tapi termasuk sebagai cara menjaga kebugaran tubuh.

"Olahraga atau aktivitas fisik sebetulnya tidak meningkatkan risiko keguguran, berat badan rendah atau persalinan dini,"

Demikian Dr Manjiri Mehta, konsultan ginekolog dan dokter kandungan di Rumah Sakit Hiranandani, India, seperti dilansir Healthshots.

Namun para ibu hamil perlu memerhatikan setiap intensitas serta jenis olahraga yang aman dilakukan tanpa menimbulkan risiko.

Sejumlah olahraga yang direkomendasikan dan aman dilakukan ibu hamil di antaranya adalah peregangan, berenang, yoga hingga pilates atau olahraga lainnya dengan modifikasi tertentu.

Dokter Mehta juga mengatakan bahwa olahraga selama masa kehamilan dapat memberikan sejumlah manfaat baik bagi ibu dan janin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.