Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 09/12/2022, 05:28 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain garam, lada hitam juga kerap digunakan sebagai bumbu untuk menyedapkan makanan dengan sedikit tambahan rasa pedas atau pahit.

Di samping itu, lada hitam memiliki sejumlah dampak positif bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol jahat hingga mengurangi risiko kerusakan sel.

Kendati demikian, mengonsumsi lada hitam juga tidak boleh berlebihan, terutama bagi penderita asam lambung atau gerd karena bumbu ini dapat menyebabkan naiknya asam di kerongkongan.

Baca juga: Lada Hitam Baik untuk Kesehatan, Apa Sebabnya?

Nah, bagi yang penasaran mengenai apa saja khasiat mengonsumsi atau menambahkan lada hitam pada makanan, berikut penjelasan para ahli.

1. Membantu penyerapan nutrisi

Ahli gizi dan pemilik Dunn Nutrition, Brittany Dunn, MS, RDN, CD, mengatakan bahwa lada hitam dapat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik seperti beta-karoten dan zat besi.

Dia juga mengungkapkan, lada hitam sering digunakan sebagai tambahan suplemen kunyit untuk membantu meningkatkan penyerapan yang lebih baik berkat sifat antioksidan dan antiinflamasi dari keduanya.

Bahan aktif utama kunyit, kurkumin, memberikan kemampuan antiinflamasi pada rempah-rempah. Namun, perlu dipasangkan dengan lada hitam untuk mendapatkan efek penuh.

Faktanya, sebuah tinjauan penelitian tahun 2017 dalam jurnal Foods menjelaskan bahwa piperin, senyawa aktif dalam lada hitam, telah dikaitkan dengan peningkatan 2.000 persen dalam ketersediaan hayati kurkumin.

Ini berarti bahwa kemampuan tubuh untuk menyerap dan mendapatkan manfaat kunyit meningkat ketika lada hitam dikonsumsi dengan kunyit.

Dunn juga berkesempatan untuk membuat suntikan pemulihan antiinflamasi untuk atlet Olimpiade.

Karena lada hitam membantu tubuh menyerap kurkumin, dia menambahkannya ke dalam suntikan bersama dengan mangga, dan nanas untuk meningkatkan antioksidan dan palatabilitas (nafsu makan).

Baca juga: Efek Samping Mengonsumsi Lada Hitam bagi Tubuh, Apa Saja?

2. Menurunkan kolesterol jahat

"Meskipun penelitian pada manusia masih terbatas, namun lada hitam diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol dan melawan kanker tertentu."

Demikian penuturan ahli gizi dan CEO NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz, RD.

Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan oleh Pharmaceutical Biology Journal, tikus diberi makan diet tinggi lemak selama 42 hari.

Ekstrak lada hitam terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol darah, termasuk kolesterol jahat (LDL).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com