Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 16:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Manfaat kunyit sebagai obat alami untuk kesehatan dan kecantikan memang telah dikenal sejak lama.

Bahkan kini, ada yang mengklaim bahwa kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah perawatan mulut dan memutihkan gigi.

Namun, apakah benar?

Dikutip dari Healthline, kunyit memang bisa menjadi alternatif untuk memutihkan gigi alami dan tidak memiliki efek samping yang biasa dimiliki oleh pemutih gigi komersial, seperti berikut ini:

  • Gingivitis
  • Nyeri gusi
  • Masalah email gigi

Lalu, kunyit juga kemungkinan dapat memiliki manfaat berikut ini:

  • Memutihkan gigi
  • Mengurangi risiko sakit gusi dan peradangan
  • Mengurangi risiko penyakit gusi

Kendati demikian, sebenarnya tidak ada studi yang secara spesifik meneliti tentang kemampuan kunyit dalam memutihkan gigi.

 

Baca juga: Benarkah Kunyit Bisa untuk Mengobati Masalah Asam Lambung?

Artinya, bukti yang ada saat ini masih merupakan bukti anekdot.

Meskipun begitu, ada penelitian yang membuktikan bahwa kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut berkat sifat anti peradangan dan antimikroba khasnya, membuatnya cocok digunakan sebagai obat rumahan untuk merawat gigi.

Hal ini pun dibuktikan lewat sebuah studi yang diterbitkan di PubMed Central pada 2012 menemukan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat membantu mencegah gingivitis atau penyakit gusi.

Selain itu, disebutkan pula bahwa kunyit dapat membantu menghilangkan plak, bakteri, dan peradangan jika digunakan dengan benar.

Lalu, sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Natural Science, Biology, and Medicine pada 2013 menemukan manfaat lain kunyit untuk kesehatan mulut.

Baca juga: 6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Dalam penelitian tersebut, ditunjukkan, kunyit dapat meredakan nyeri gigi dan kemungkinan dapat digunakan dalam pengobatan periodontitis serta dapat membantu mencegah berbagai kanker mulut.

Lebih lanjut, ada pula beberapa orang yang membandingkan efek pemutihan gigi kunyit dengan baking soda atau arang aktif khusus untuk memutihkan gigi.

Kunyit pun diduga memiliki potensi yang serupa, meski mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memutihkan gigi jika dibanding pemutih lainnya, seperti strip pemutih.

Baca juga: 6 Makanan yang Bikin Lebih Sehat di Tahun 2023, Salah Satunya Kunyit

Namun, kunyit memang memberikan manfaat kesehatan mulut yang tidak dimiliki oleh pemutih gigi alami atau over-the-counter lainnya.

Meskipun begitu, hingga kini kunyit tetap tidak dianggap sebagai pengganti produk pemutih gigi maupun perawatan kesehatan mulut umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Healthline


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com