Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 08/02/2023, 10:43 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Dunia mixology selalu menarik. Tangan-tangan terampil di balik kenikmatan segelas cocktail dan mocktail kerap menjadi penyelamat mood bagi sebagian orang.

Ya, bagi seorang pramutama bar atau bartender, keahlian meracik berbagai jenis minuman ini jadi pertaruhannya. Di belakang meja bar, posisi bartender laiknya seorang chef yang lihai meracik dan memadu-padankan berbagai bahan dan bumbu makanan.

Teknik dan gaya pertunjukan juga pengetahuan tentang minuman menjadi hiburan tersendiri bagi konsumen yang tandang ke meja bar.

Maka itu, untuk mencari bartender-bartender berbakat dan berkualitas perusahaan minuman asal Indonesia, PT Segar Harum Rasa, produsen Vibe Liqueurs & Spirits (Vibe Indonesia) menggelar kompetisi bartender bertajuk ‘Vibe Bartender Competition 2023 – Mixology Concept’.

Meski tidak digelar pararel, kompetisi ini telah memasuki periode kelima. Pertama kali digelar pada tahun 2008 kemudian berlanjut di tahun 2009, 2011, 2014 dan kembali digelar di tahun ini.

“Vibe Bartender Competition adalah program sekaligus upaya kami sebagai salah satu produsen minuman asli Indonesia, dalam meningkatkan mutu bartender lokal agar mampu bersaing di industri food & beverage level global,” ujar Damien Chua, Marketing Director PT Segar Harum Rasa.

Rangkaian Vibe Bartender Competition 2023 – Mixology Concept dimulai dari pengumpulan video atraksi meracik cocktail sejak medio September 2022 hingga 25 Januari 2023.

Puluhan kiriman video yang masuk dari para bartender profesional di sejumlah bar di cafe dan lounge ternama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Semarang, Bogor dan Lampung itu, kemudian dikurasi dan dikerucutkan menjadi Top 15 finalis.

Belasan bartender terpilih melenggang ke semi final. Mereka melakukan show off di hadapan para juri dan bersaing ketat dengan diuji berbagai kepiawaian yang dibutuhkan dalam industri minuman cocktail dan mixology.

Adapun kompetisi ini berlangsung selama satu hari di RA Suite Simatupang, Cipete, Jakarta Selatan, pada Senin (6/02/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke