Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Ramadhan: Bulan Kesempatan bagi Manusia untuk Berubah

Kompas.com - 28/03/2023, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Manusia adalah makhluk yang penuh dinamika. Akan ada masa seseorang melakukan kesalahan sehingga harus berubah jadi sosok yang lebih baik. Perubahan ini pun disebabkan oleh banyak faktor, baik internal atau eksternal.

Hal ini disampaikan pula dalam siniar Anyaman Jiwa episode “Manusia akan Terus Berubah” dengan tautan akses dik.si/AnyJiwBerubah.

Mengapa Manusia Bisa Berubah?

Mengutip Steve Rose, PhD., manusia berubah disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ingin menjadi pribadi yang lebih baik atau memiliki ketertarikan terhadap orang lain. Motivasi ini dapat dipicu jika manusia kurang puas dengan situasi yang sedang dialami.

Itu sebabnya, ada pengaruh internal dan eksternal. Namun, perubahan eksternal cenderung tak menghasilkan perubahan jangka panjang. Hal ini disebabkan apabila objek yang membuat kita berubah hilang, proses perubahan itu pun juga akan sirna.

Baca juga: Mengenal Borderline Personality Disorder, Gejala, dan Penyebabnya

Penelitian Jama Network menunjukkan 40 hingga 60 persen orang yang kecanduan obat-obatan akan kambuh. Namun, dengan tekad, niat, dan konsistensi ingin berubah, kecanduan itu dapat dipulihkan sehingga kehidupan mereka kembali normal.

Ini adalah bukti dari kuatnya jika kita berubah karena dorongan diri.

Namun, tak semua orang berubah ke arah yang lebih baik. Ada pula orang baik yang awalnya penasaran kemudian mencoba hal-hal buruk. Akhirnya, mereka kecanduan karena senang melakukannya. Misalnya, berkata kasar.

Jika sudah berada dalam kondisi seperti ini, perubahan sikap memang tak bisa terjadi dalam rentang waktu yang cepat. Dibutuhkan konsistensi dan kontrol diri agar bisa mengubahnya.

Itu sebabnya, Ileana Arganda-Stevens, terapis pernikahan dan keluarga dari California, mengatakan bahwa ada enam aspek penting dalam perubahan hidup manusia, yaitu motivasi, mendukung, tekad, konsistensi, kesadaran diri, dan kasih sayang terhadap diri sendiri.

Ramadhan Sebagai Ajang untuk Berubah

Saat ini, kita memasuki Ramadhan atau bulan yang dikenal suci bagi umat Islam. Dalam kesempatan ini, pahala manusia akan dilipatgandakan jika berbuat kebaikan. Itu sebabnya, banyak umat Islam yang menjadikan momen ini untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Selama berpuasa sebulan penuh, kita tak hanya menahan lapar dan dahaga, melainkan juga hawa nafsu sehingga perbuatan buruk yang kerap dilakukan pun harus kita tahan. Artinya, kita mulai mengaktifkan kontrol diri dengan motivasi agar pahala ibadah yang dilakukan tak sia-sia.

Ini juga yang membuat kita belajar detoks diri dan menyesuaikan perbuatan hingga satu bulan ke depan. Bagi manusia yang konsisten dan memiliki tekad untuk berubah, tidak menutup kemungkinan sifat-sifat buruk akan berkurang.

Baca juga: Meditasi: Cara Ampuh Atasi Insomnia

Mulailah dari hal-hal kecil, seperti mengurangi kebiasaan marah, secara bertahap. Setelah itu, bangun motivasi atau alasan mengapa harus melakukan itu. Setelah itu, lakukan secara berulang agar hasilnya konsisten.

Jadikan bulan Ramadhan sebagai ajang untuk berubah karena pintu kebaikan sedang terbuka lebar. Namun, jangan hanya jadikan bulan ini sebagai patokan untuk berubah sebab kita memang harus berperilaku baik, pada diri sendiri dan orang lain, setiap saat.

Lantas, bagaimana cara lainnya agar kita bisa berubah jadi pribadi yang lebih baik? Dengarkan jawaban lengkapnya melalui siniar Anyaman Jiwa episode “Manusia akan Terus Berubah” dengan tautan akses dik.si/AnyJiwBerubah.

Akses sekarang juga playlist YouTube Medio by KG Media untuk mendapat informasi lebih banyak seputar kesehatan mental yang bisa menunjang kehidupan sosial, karier, hingga romansamu. Tunggu apalagi? Yuk, ikuti siniarnya sekarang juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com