Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Sering Merasa "Insecure", Berikut Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/04/2023, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Perasaan tidak aman atau insecurity merupakan kondisi ketika seseorang dipenuhi rasa keraguan atas dirinya sendiri. Kemudian, hal ini juga memunculkan perasaan tidak percaya diri.

Orang yang mengalami hal ini biasanya membutuhkan pengakuan atau validasi untuk menutupi rasa tidak percaya diri.

Insecure Berdampak Takut Mengambil Keputusan

Psikolog klinis, Melanie Greenberg menyebutkan ada tiga penyebab terjadinya rasa insecure dalam manusia yaitu adanya kegagalan atau penolakan yang baru dialami, kecemasan sosial, atau karena didorong rasa perfeksionisme yang tinggi.

Jika terjadi secara berulang, insecure dapat menyebabkan penurunan harga diri (low self-esteem). Orang yang mengalaminya pun menjadi kehilangan arah dan dihantui rasa takut dalam banyak hal, termasuk dalam mengambil keputusan.

Untuk menghadapi situasi ini, kamu perlu menyadari dampak dari pilihan yang dibuat dan mengetahui nilai-nilai diri sendiri. Hal ini pun dibahas dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Jika Kamu Sulit Mengambil Keputusan” dengan tautan akses dik.si/AnyJiwKeputusan.

Cara Mengatasi Insecure

Melansir Psychcentral, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi insecure untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Baca juga: Anger Management, Mengendalikan Emosi saat Puasa

1. Menerima Kenyataan

Manusia perlu menyadari ada hal yang bisa dan tidak bisa diubah. Untuk mengatasi insecure, cobalah untuk menerima kenyataan yang tidak bisa kita ubah. Pasalnya, menerima segala keadaan merupakan bagian dari self esteem atau self love.

2. Menghargai Diri Sendiri

Seorang psikiater klinis, Dr. Nereida Gonzalez-Berrios, mengatakan bahwa menghargai diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri, bersikap baik dan membiarkan emosi negatif keluar dan tidak memendamnya.

3. Meningkatkan Self Worth

Self worth adalah menyadari bahwa setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan yang bernilai, sehingga layak diapresiasi dan dihargai.

Cara meningkatkan self worth adalah dengan mencintai diri sendiri, membangun pola pikir positif, berhenti membandingkan diri dengan orang lain, dan bertanggung jawab penuh atas diri sendiri.

Hal ini pun dibahas dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Insecure Dalam Memulai Sesuatu” dengan tautan akses dik.si/AnyJiwInsecure.

4. Melakukan Butterfly Hug

Butterfly hug adalah metode penanganan kecemasan dan ketakutan. Teknik ini merupakan bentuk stimulasi mandiri dalam menenangkan diri dari segala perasaan negatif seperti cemas, takut, tidak percaya diri, dan perasaan tidak nyaman lainnya.

Baca juga: 5 Langkah Meningkatkan Percaya Diri

Selain itu, teknik ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan rasa berharga akan diri sendiri. Hal ini mampu membuat seseorang akan bangkit dari rasa lemah dan perasaan tidak berdaya.

Jadi, butterfly hug bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi insecurity dan meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini pun dibahas dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Cobain deh Butterfly Hug” dengan tautan akses dik.si/AnyJiwBHug.

Dengarkan jawaban lengkap untuk menghadapi insecurity dalam siniar Anyaman Jiwa dengan tautan akses dik.si/ajpodcast di Spotify.

Di sana, kamu bisa menemukan berbagai informasi menarik seputar kesehatan mental yang bermanfaat untuk kehidupan personal, sosial, dan asmara.

Akses juga playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kamu tak tertinggal episode terbarunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com