Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

"Anger Management", Mengendalikan Emosi saat Puasa

Kompas.com - 31/03/2023, 15:45 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Berpuasa tidak hanya melatih seseorang untuk menahan lapar dan haus saja, melainkan juga bermanfaat melatih diri untuk mengendalikan emosi.

Reaksi emosional pada manusia sebenarnya adalah suatu hal yang wajar dan normal. Umumnya, emosi marah akan muncul sesuai dengan respon atas situasi yang mengancam.

Namun, perasaan marah pun harus dikendalikan dengan baik agar tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Hal itu pun dijelaskan dalam siniar Anyaman Jiwa spesial Ramadan bertajuk “Takjil Hari Ini: Mengontrol Emosi saat Puasa Ramadan” dengan tautan akses dik.si/AnyJiwEmosi.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol emosi adalah dengan mempelajari anger management.

Dilansir dari Verywell Mind, anger management bertujuan agar seseorang dapat mengenali rasa marah dan berdamai dengan perasaan tersebut dengan menyalurkannya kepada hal yang produktif.

Cara Menerapkan ‘Anger Management

1. Berpikir Sebelum Berbicara

Amarah dapat membuat seseorang meluapkan seluruh perasaannya tanpa berpikir dengan jernih. Bahkan, kata-kata kasar pun bisa keluar dari mulut orang yang sedang terpengaruh rasa marah.

Baca juga: 5 Langkah Meningkatkan Percaya Diri

Hal ini tentu akan memperkeruh suasana dan menyakiti hati orang yang menjadi sasaran kemarahan. Ketika emosi telah memuncak, kamu harus segera mengalihkannya dengan memikirkan hal lain.

2. Menyendiri Sejenak

Ketika amarah muncul, cobalah untuk segera menarik diri dari pemicu perasaan tersebut. Beri waktu untuk menenangkan diri sendiri hingga emosi lebih stabil dan isi kepala lebih jernih.

3. Mengalihkan Rasa Marah

Lakukan kegiatan yang menjadi pengalih diri dari perasaan marah. Kamu bisa mencoba berolahraga atau melakukan kegiatan yang disukai. Hal ini dapat membantu untuk melupakan sejenak rasa marah dan mengalihkan energi ke aktivitas yang produktif.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com