Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Jenama Fesyen dan Desainer Lokal Ramaikan Ramadan Runway 2023

Kompas.com - 17/04/2023, 15:19 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bersama Kota Kasablanka kembali menggelar Ramadan Runway 2023.

Acara yang sudah digelar 11 kali ini menghadirkan beragam koleksi busana muslim atau modest dari puluhan jenama fesyen lokal dan desainer kenamaan Indonesia. 

Selain itu, akan ada juga Fashion Preneur Competition, gelar wicara, hingga ekshibisi dari UMKM terkurasi yang berlangsung di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 12 hingga 30 April 2023.

Mengusung tema Dazzling Mubarak, Ramadan Runway 2023 menyuguhkan harapan dan keindahan Ramadan sebagai bulan penuh makna yang tak semata terpancar pada rancangan busana, tetapi juga kegiatan lainnya hingga mendukung keberlangsungan setiap ekosistem fesyen muslim di Tanah Air.

Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono mengatakan, melalui Ramadan Runaway 2023 diharapkan para UMKM dan desainer bisa mengeksplorasi kreasi busana yang lebih kreatif dan menarik serta sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Mudah-mudahan dengan ini kita dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia."

Demikian kata Poppy dalam konferensi persnya di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta, baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dana Duriyatna, Ketua Pelaksana Ramadan Runaway 2023 mengatakan, gelaran ini diramaikan oleh lebih dari 84 tenant, serta 90 persen di antaranya adalah desainer Indonesia dan pelaku UMKM.

“Gelaran ini diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku di industri kreatif khususnya fesyen muslim untuk berkarya menampilkan koleksi rancangan busana terbaik sekaligus memberi dampak positif di bulan suci Ramadhan."

"Pesatnya perkembangan modest fashion di Indonesia punya imbas baik apalagi telah menjadi penopang ekonomi bangsa dalam sektor industri kreatif sehingga kehadiran Ramadan Runway 2023 merupakan respons atas pertumbuhan modest fashion di Indonesia,” kata Dana Duriyatna.

Baca juga: Warna Cerah hingga Motif Monogram Bakal Jadi Tren Modest Fashion 2023 

Jenama fesyen dan keseruan Ramadan Runaway 2023

Salah satu koleksi busana dari Desainer lokal, Ariy ArkaKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Salah satu koleksi busana dari Desainer lokal, Ariy Arka

Puluhan desainer dan jenama fesyen muslim bakal menyuguhkan busana modest terbaiknya di seluruh rangkaian Ramadan Runaway 2023.

Beberapa di antaranya meliputi Al Syarif, Ariy Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanegara, Dana Duriyatna, Defrico Audy, Erdan, Itang Yunasz, Ivan Gunawan, Coenrad by Kunce Manduapessy, L by LCB, Leny Rafael, Ria Miranda, RRYNI House x Rita Batik, SI.SE.SA, dan masih banyak lagi.

Keragaman busana muslim yang disuguhkan setidaknya diramaikan lebih dari 60 jenama busana muslim yang berada area exhibition, di Grand Atrium, Mosaik Walk, dan Fashion Atrium.

Khusus area Mosaik Walk 1, akan hadir Wonderfully Festive Pop Up Store featuring merchandise Disney dan Marvel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com