Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Terbaik untuk Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Kompas.com - 26/04/2023, 06:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, salah satunya menerapkan pola makan sehat.

Diet yang seimbang rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol jahat (LDL), dan natrium juga sangat ideal untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Sebab, pola makan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans (biasanya ditemukan pada makanan yang diproses) dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, yang bisa meningkatkan penumpukan plak arteri dan risiko penyakit jantung.

Untuk itu, memilih pola makan dengan banyak buah dan sayuran yang menyediakan serat maupun antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menurunkan tekanan darah yang baik bagi kesehatan jantung.

Makanan terbaik untuk kesehatan jantung

Dalam hal kesehatan jantung, ada berbagai nutrisi yang secara optimal mampu mendukung kesehatan jantung, termasuk serat, antioksidan, asam lemak omega-3, magnesium, kalium, dan vitamin D.

Kabar baiknya, beberapa makanan lezat dan bergizi yang dikemas dengan nutrisi juga bisa menyehatkan jantung.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah daftar makanan yang bisa dikonsumsi demi menjaga kesehatan jantung yang lebih baik.

1. Salmon

ilustrasi makanan di restoran hotel, salmon filet.SHUTTERSTOCK/Eivaisla ilustrasi makanan di restoran hotel, salmon filet.
Salmon kaya akan Vitamin D, nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

Vitamin D mengatur kalsium dalam tubuh (yang penting untuk fungsi otot, terutama jantung).

Vitamin D juga memiliki efek antiinflamasi yang mencegah penumpukan plak dan efek anti hipertensi yang dapat mengurangi tingkat tekanan darah.

Sebuah meta-analisis menyimpulkan bahwa asupan ikan yang tinggi (seperti salmon) telah dikaitkan dengan penurunan insiden penyakit kardiovaskular dan kematian.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Salmon untuk Kesehatan Otak hingga Jantung

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat termasuk mencegah kanker. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Brokoli adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat termasuk mencegah kanker.
Sayuran hijau ini kaya akan serat, nutrisi penting yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengatur kadar gula darah.

Brokoli juga mengandung senyawa antiinflamasi yang disebut sulforaphane untuk melindungi dari aterosklerosis (atau penumpukan plak di arteri).

Baca juga: Atasi Sembelit hingga Cegah Kanker, Ini Ragam Manfaat Brokoli

3. Alpukat

Ilustrasi alpukat yang sudah matangSHUTTERSTOCK/MAMA_MIA Ilustrasi alpukat yang sudah matang
Alpukat tidak hanya lezat, tetapi juga kaya serat dan lemak tak jenuh ganda, atau lemak yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung, karena kadar yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang juga dikenal sebagai aterosklerosis.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com