Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Rekomendasi Ras Anjing Terbaik yang Bisa Bantu Atasi Kecemasan

Kompas.com - 10/05/2023, 07:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dikenal sebagai sahabat manusia, anjing adalah hewan yang setia dan juga bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan yang kita alami.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa hewan ini dapat mempengaruhi kebahagiaan dan umur panjang, yang sangat berkaitan dengan peningkatan kesehatan fisik maupun mental.

"Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa membelai anjing membantu mengurangi kadar kortisol atau hormon stres dan berinteraksi dengan anjing dapat meningkatkan kadar oksitosin, hormon yang sama yang terkait dengan perasaan cinta."

Demikian penuturan manajer data dan genetika hewan di Wisdom Panel, Annette Louviere, DVM.

Bagaimana anjing membantu mengatasi kecemasan

Menurut pelatih anjing profesional dan pakar gaya hidup hewan peliharaan di Rover, Nicole Ellis, anjing dapat membantu pemiliknya mengatasi gejala kecemasan baik secara fisik maupun psikologis.

Saat kita mengalami serangan panik atau kecemasan, perubahan tertentu terjadi pada tubuh, seperti detak jantung yang cepat, hiperventilasi, serta otot-otot yang menegang.

Dan anjing peliharaan kita dapat membantu mengatasi hal tersebut, yang pada dasarnya akan mengurangi respons tubuh terhadap kecemasan.

"Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita membelai anjing, tekanan darah kita segera turun, detak jantung kita melambat, otot-otot rileks, dan pernapasan menjadi lebih teratur," jelasnya.

Anjing yang lebih besar juga dapat digunakan untuk terapi dengan cara membiarkannya berbaring di atas kita dan memicu respons menenangkan tubuh secara otomatis.

"Secara mental, anjing dapat memberikan pengalih perhatian yang menyenangkan, dan membantu kita merasa dicintai," kata Ellis.

"Selain itu, anjing juga membantu mencegah kecemasan dengan memaksa kita untuk melakukan rutinitas harian yang teratur, melakukan gerakan fisik secara teratur, dan terhubung dengan orang lain."

"Merawat anjing juga dapat memberikan perasaan memiliki tujuan yang lebih besar dari diri kita sendiri," tambah dia.

Baca juga: 10 Ras Anjing Terpopuler, Apa Saja?

Ilustrasi anjing peliharaan bersama pemiliknya.UNSPLASH/HELENA LOPES Ilustrasi anjing peliharaan bersama pemiliknya.

Cara memilih anjing untuk mengurangi kecemasan

Ellis mengungkapkan bahwa tidak semua anjing memiliki sifat sama dalam hal menenangkan kecemasan, sehingga memilih anjing yang salah justru dapat memperburuk kecemasan.

Terutama karena beberapa anjing rentan terhadap kecemasan. Jadi, inilah yang disarankan oleh dua pakar untuk kita cari:

Temperamen: Cari yang berkepribadian tenang dan lembut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com