BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Sudah Dikenal sejak Lama, Ini Bunga dan Hewan yang Dikaitkan dengan Keanggunan

Kompas.com - 24/05/2023, 15:55 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Siapa yang tak ingin tampil anggun dalam tiap kesempatan? Hampir semua orang mendambakan keanggunan sebagai representasi tingkah laku dan gaya yang apik dan berwibawa.

Dikutip dari Dictionary.com, keanggunan atau sikap anggun diartikan sebagai "keindahan dalam bentuk sikap, gerakan, dan ucapan". Keanggunan, menurut kamus tersebut, juga dikaitkan dalam penampilan fisik, seperti gaya berbusana.

Dalam berbagai kebudayaan di dunia, mulai dari bunga hingga hewan dijadikan simbol keanggunan. Bunga menjadi simbol keanggunan karena memiliki kelopak yang lembut dengan warna yang beragam. Sementara itu, beberapa hewan menjadi simbol keanggunan karena memiliki rupa dan postur yang simetris.

Lalu, apa saja hewan dan bunga yang menyimbolkan keanggunan? Simak ulasan berikut.

1. Angsa

Angsa sudah dikenal sebagai simbol keanggunan sejak zaman dahulu. Hal ini tak terlepas dari paras unggas air ini yang indah dengan bulu putih dan tebal, leher jenjang, serta tubuh yang simetris. Gerakannya yang tenang saat berada di sungai atau danau juga membuat angsa tampak elegan.

Dalam berbagai kebudayaan, angsa dihubungkan dengan berbagai sifat positif, seperti kesucian, kebersihan, kesetiaan, dan kemurnian.

Baca juga: Kemeriahan Perayaan Anniversary Ke-27 Frank & Co

Di kebudayaan Yunani Kuno, misalnya, angsa menjadi salah satu simbol Dewi Aphrodite yang merupakan dewi cinta dan kecantikan. Sementara, dalam mitologi China, angsa adalah simbol keabadian dan kesetiaan dalam hubungan suami-istri.

Pasalnya, pasangan angsa pejantan dan betina memiliki kebiasaan bermigrasi bersama-sama. Selain itu angsa pejantan juga hanya kawin dengan satu angsa betina saja.

2. Peony

Bunga peony memiliki bentuk kelopak yang besar, lebar, serta berlapis-lapis. Bunga ini juga memiliki berbagai warna yang indah, seperti merah, merah muda, ungu, kuning, putih, serta hitam.

Karena keanggunan dan keindahan itu, bunga peony pun dijadikan simbol untuk kasih sayang di berbagai budaya. Di mitologi Yunani, bunga peony merupakan simbol dari welas kasih.

Di China, peony menjadi bunga nasional sebelum digantikan bunga plum pada 1929. Bahkan, bunga tersebut ditanam di istana kekaisaran sejak zaman Dinasti Sui dan Tang. Maka tak heran, bunga ini juga menjadi simbol kekayaan dan kehormatan.

3. Teratai

Bunga teratai memiliki keindahan khas yang sudah dikenal sejak lama. Dari bentuk, bunga ini memiliki kelopak yang simetris dan tersusun secara teratur. Meski tumbuh di air keruh dan berlumpur, kelopak teratai tetap tampak bersih dan murni.

Hal tersebut menjadikan bunga teratai sebagai lambang keanggunan yang muncul dari keadaan yang tidak sempurna.

Dalam tradisi Buddhis, bunga teratai merupakan simbol pencerahan karena dapat tumbuh dan berkembang sempurna di lumpur paling lembap sekalipun.

4. Burung merpati

Burung merpati menjadi simbol keanggunan dari berbagai perspektif budaya. Pasalnya, burung ini memiliki postur tegak, tubuh proporsional, serta pergerakan yang halus saat terbang. Burung ini juga memiliki pola warna dan bulu yang indah, seperti putih, abu-abu, serta hitam.

Tak hanya itu, burung merpati juga menjadi lambang dari kesetiaan. Sebab, burung ini hanya kawin dan hidup bersama dengan satu pasangan.

Burung merpati juga menjadi simbol perdamaian, kebebasan, serta cinta. Hal ini dikarenakan burung merpati memiliki berbagai citra positif, seperti ramah kepada manusia, setia pada pasangan, serta tidak menyerang hewan lain.

5. Rusa

Simbol keanggunan juga disematkan pada rusa. Hal ini beralasan, mengingat hewan bertanduk ini memiliki berbagai ciri yang menandakan keanggunan, seperti tubuh ramping dan kaki panjang yang proporsional.

Rusa juga memiliki tanduk yang indah karena bentuk dan cabangnya simetris. Selain itu, rusa juga memiliki gerakan yang halus, baik saat berjalan, berlari, maupun melompat. Keluwesan rusa saat bergerak juga membuatnya terlihat elegan.

Baca juga: Menyentuh Hati, Film Pendek dari Frank & Co Dipuji Warganet

Menurut filosofi Feng Shui, Rusa dijadikan simbol keanggunan, daya tahan, umur panjang, serta kelimpahan. Maka tak heran, patung rusa kerap dijumpai di rumah yang menerapkan filosofi Feng Shui.

Itulah bunga dan hewan yang menjadi simbol keanggunan di berbagai kebudayaan. Adapun bunga peony dan rusa juga menginspirasi Frank & co. untuk membuat perhiasan berlian wanita eksklusif yang dapat meningkatkan keanggunan penggunanya.

Sebagai informasi, Frank & co. meluncurkan tiga koleksi perhiasan model terbaru dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-27, yakni Frank Fire Peony, Frank Deer, dan Carisse.

Peony Ladies Ring dari koleksi Frank Fire Peony. DOK. Frank & co. Peony Ladies Ring dari koleksi Frank Fire Peony.
Frank Fire Peony yang terinspirasi dari keanggunan bunga peony merupakan koleksi perhiasan berlian soliter dengan desain menyerupai bunga Frank Fire. Cincin berlian ini menampilkan satu tingkat kelopak bunga peony yang dibuat menggunakan teknologi bright cutting. Hasilnya, berlian pada pusat cincin terlihat besar serta memberikan kesan manis dan feminin.

Adapun jenis perhiasan yang ditawarkan pada koleksi tersebut juga beragam, yakni cincin, anting-anting emas wanita, gelang, dan pendant.

Sebagai informasi, Frank Fire Peony sudah dilengkapi dengan sertifikasi dari Sarine Light Performance dari Sarine Technology. Sertifikasi ini mengukur kilauan yang terpancar pada berlian (light performance).

Sarine Light Performance menilai bahwa interaksi berlian dengan cahaya merupakan faktor paling menentukan dari penampilan sebuah berlian. Indikator penilaian Sarine dinilai paling lengkap di dunia karena memiliki empat indikator penilaian light performance, yaitu brilliance, sparkle, fire, light symmetry.

Dalam melakukan penilaian light performance, Sarine menggunakan e-grading dan artificial intelligence yang menghasilkan akurasi dan konsisten yang lebih tinggi. Light performance sendiri mengukur interaksi antara berlian dengan cahaya.

Baca juga: Kolaborasi Frank & Co dengan 88rising, Harmonisasi Perhiasan dan Musik

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keindahan light performance, seperti karakteristik, clarity grade, dan color grade, terutama cutting dari sebuah berlian.

Berdasarkan sertifikasi tersebut, Frank Fire Peony mendapatkan light performance dengan grade tertinggi, yakni ultimate.

Koleksi selanjutnya adalah Frank Deer yang terinspirasi dari keanggunan rusa. Koleksi perhiasan emas murni terbaru ini, Chain Deer Earrings, menampilkan anting-anting emas terbaru dengan desain ikonik Frank & co. yang memberikan kesan cantik dan anggun.

Koleksi tersebut terdiri dari tiga produk baru, yakni Chain Deer Earrings yang berdesain sama untuk kedua telinga, Chain Deer Mismatch Earrings yang berdesain berbeda untuk kedua telinga, dan Chain Deer Single Earring yang bisa dipakai di satu telinga saja.

Chain Dear Earrings dari koleksi Frank Deer. DOK. Frank & co. Chain Dear Earrings dari koleksi Frank Deer.
Adapun koleksi terakhir adalah Carisse. Pada koleksi ini, seluruh perhiasan menggunakan berlian Frank Fire sebagai material utama. Koleksi Carisse terdiri atas tiga set perhiasan.

Pada set pertama, Carisse menghadirkan Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle, Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Ladies Ring, dan Carisse Eternity Necklace.

Pada set kedua, Carisse menghadirkan berbagai produk, yakni Carisse Solitaire Pendant, Carisse Dolitaire Ladies Ring, Carisse Eternity Bangle 0,30 carat, Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle, dan Carisse Eternity bangle 0,50 carat.

Carisse Solitaire Bangle. DOK. Frank & co. Carisse Solitaire Bangle.

Sementara itu, set ketiga menampilkan Carisse Solitaire Bangle, Carisse Solitaire Pendant, Carisse Solitaire Ladies Ring, Carisse Solitaire Earrings, dan Carissa Trilogy Bangle. Terdapat juga set keempat yang meliputi dua desain Carisse Solitaire Ladies Ring dan dua desain Carisse Solitaire Bangle.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai koleksi perhiasan berlian istimewa Frank & co., Anda bisa mengunjungi situs web dan Instagram resmi Frank & co.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com