Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2023, 20:21 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam dunia fashion, topi telah menjadi salah satu item yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai aksesori gaya untuk memperkaya penampilan.

Di antara berbagai merek topi, New Era, bran asal Amerika yang memiliki lisensi Major League Baseball (MLB) bisbol profesional telah menarik perhatian banyak penggemar streetwear dan sportswear.

Namun, popularitasnya yang tinggi juga menjadikannya sasaran empuk bagi oknum tak bertanggung jawab untuk membuat barang palsu.

Oleh karena itu, penting bagi penggemar fashion untuk memahami perbedaan antara topi New Era asli dan palsu agar dapat memastikan keaslian produk yang mereka beli.

Berikut lima tips untuk membedakan topi New Era asli dan palsu dari Tien Tamzil, Brand Marketing Manager New Era Indonesia.

Baca juga: New Era Cap dan Muklay Usung Tema Jakarta dalam Koleksi City Series

Periksa stiker khusus

Ketika membeli topi New Era, pastikan untuk memeriksa stiker khusus yang melekat pada produk. Stiker tersebut terletak pada bagian luar dan juga pada bagian dalam topi.

Ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengetahui topi New Era yang kamu miliki asli.

“Jadi kalau teman-temen melihat produk tidak ada stiker di bagian luar dan bagian dalam itu patut dipertanyakan,” ucap Tien.

Cek kualitas jahitan

Topi New Era asli memiliki jahitan yang rapi dan kokoh. Periksa jumlah jahitan yang seharusnya ada di bagian tepinya. Biasanya, topi New Era asli memiliki delapan jahitan.

Jika jahitan terlihat kurang rapi atau jumlahnya tidak tepat, itu bisa menjadi indikasi bahwa produk tersebut palsu.

“Lalu jahitannya, bisa dicek kita ada jahitan khususnya ada delapan, jadi kalau memang di luar itu berarti tidak authentic,” jelas Tien.

Material dan kualitasnya

Topi New Era asli terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang membuat topi tersebut terasa kokoh.

Selain itu, periksa juga material benang yang digunakan. New Era sering menggunakan benang khusus dengan warna tertentu yang menandai keaslian produk.

“Secara materialnya pun berbeda. Dari material benang kita menggunakan benang dengan warna khusus, kalau yang tidak authentic material crownnya tidak kokoh,” tambah Tien.

Periksa juga logo, tulisan, dan detail desain lainnya. Produk asli akan memiliki logo yang jelas, tanpa cacat atau perbedaan warna yang mencolok.

Selain itu, periksa juga penempatan logo dan desain yang seharusnya presisi.

Baca juga: Kolaborasi Krispy Kreme dan New Era, Ada 2 Koleksi Topi Edisi Khusus

Beli dari sumber terpercaya

Salah satu cara terbaik untuk memastikan produk topi New Era kamu asli adalah dengan membelinya dari toko resmi, butik, atau melalui situs web resmi New Era. Hindari membeli dari pengecer yang tidak jelas atau situs web yang meragukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com