Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 14:07 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kecantikan itu subjektif — bagaimanapun juga, setiap orang punya selera sendiri dan hal itu tidak bisa diperdebatkan. 

Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa ada ciri-ciri umum yang dianggap lebih menarik oleh kebanyakan orang dibandingkan orang lain, dan sebaliknya. 

Nah, kali ini kita akan membahas hal-hal yang membuat penampilan seseorang jadi kurang menarik, sehingga kamu bisa menghindarinya di kemudian hari.

Hal yang bisa membuatmu kurang menarik

Berikut adalah lima alasan berbasis sains yang membuat seseorang terlihat kurang menarik di mata orang lain.

1. Mengenakan pakaian berwarna kuning

Saat kamu mencoba mengesankan seseorang yang kamu sukai, kamu pasti berusaha tampil menarik, salah satunya dengan mengenakan pakaian terbaikmu. 

Namun perlu diketahui, menurut penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Evolutionary Psychology, baik pria maupun wanita menilai lawan jenis menjadi kurang menarik ketika mengenakan kemeja kuning.

Dan bukan itu saja: Survei tahun 2013 di Inggris juga menemukan bahwa kuning menduduki peringkat sebagai salah satu warna pakaian yang paling tidak menarik.

Dalam survei tersebut, 39 persen pria dan 31 persen wanita mengatakan mereka akan merasa tidak suka jika seseorang mengenakan pakaian berwarna kuning pada kencan pertama.

Beberapa warna kuning bisa dianggap terlalu cerah dan mencolok, sedangkan kuning yang lain, seperti warna mustard, terlihat kusam dan kotor.

Merah, sebaliknya, dianggap sebagai pilihan pakaian yang lebih menarik untuk dipakai saat kencan.

Mengacu pada psikologi warna, merah dikenal sebagai warna kepercayaan diri, gairah, cinta, dan kekuatan, sedangkan kuning menggambarkan kebahagiaan, kegembiraan, dan antusiasme, kata Lena Suarez-Angelino, MSW, terapis klinis di Choose Therapy.

Baca juga: Warna Pakaian yang Membuatmu Tampil Lebih Menarik

2. Kurang tidur

Ilustrasi kurang tidur, akibat kurang tidur, kurang tidur menyebabkan, penyebab kurang tidur, cara mengatasi kurang tidur. Efek kurang tidur berkepanjangan pada tubuh.Shutterstock/Antonio Guillem Ilustrasi kurang tidur, akibat kurang tidur, kurang tidur menyebabkan, penyebab kurang tidur, cara mengatasi kurang tidur. Efek kurang tidur berkepanjangan pada tubuh.
Kurang tidur mungkin tidak hanya mengganggu kesehatan, namun juga bisa memengaruhi daya tarik kamu di mata orang lain. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science menemukan bahwa seseorang dianggap kurang menarik setelah kurang tidur.

Baru-baru ini, pada tahun 2022, studi Nature and Science of Sleep menemukan bahwa satu hari tanpa tidur pun dapat membuat seseorang terlihat kurang menarik.

“Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan daya tarik secara keseluruhan karena tubuh kita memerlukan waktu untuk memperbaiki diri dari stres sehari-hari,” kata psikolog Sarah Watson, LPC. 

Kurang tidur menyebabkan penurunan kewaspadaan, kelelahan fisik, wajah lesu dan kurang semangat, hingga kulit kusam, sehingga membuat kamu terlihat kurang menarik.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com