Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Wewangian yang Bikin Pria Tampak Lebih Menarik bagi Wanita

Kompas.com - 10/10/2023, 05:16 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan parfum atau wewangian telah lama menjadi bagian penting dalam "ritual" perawatan tubuh bagi pria dan juga wanita.

Aroma dari wewangian itu tak hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri, tapi juga menjadi daya tarik yang kuat bagi lawan jenis.

Pakar hubungan di Divorce.com, Laura Wasser menyebutkan, aroma tubuh dapat menjadi faktor penting bagi pria atau wanita saat kencan untuk melangkah ke kencan berikutnya.

"Wewangian dapat memicu kenangan dan perasaan yang kuat, wewangian juga memengaruhi seberapa menarik kita saat bertemu seseorang," jelasnya seperti dikutip Health Digest.

Wasser pun menguraikan beberapa jenis wewangian yang paling disukai wanita dan aroma itu membuat pria terlihat lebih menarik di mata mereka.

Baca juga: Menangkap Keharuman Lily of The Valley dalam Wewangian Muguet dari Guerlain 

Jenis wewangian yang bikin pria lebih menarik bagi wanita

Anggapan soal pria berbadan tegap dan atletis sebagai sosok yang lebih menarik di mata wanita rupanya dipatahkan melalui sejumlah penelitian.

Sudah banyak studi yang mengungkapkan, wanita lebih tertarik pada pria yang wangi.

"Beberapa survei yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan parfum mengungkapkan, semakin woody (kayu) aromanya, semakin besar peluang bagi pria menemukan pasangan,"

Demikian kata psikoterapis yang berspesialisasi pada psikologi klinis, hubungan, kesehatan seksual dan nutrisi, Dr. Lisa Lawless.

  • Aroma vanila dianggap lebih menarik

Menurut Lawless, salah satu jenis aroma woody yang dimaksud itu merujuk pada aroma vanila.

Banyak wanita menganggap, aroma vanila dapat memberikan sensasi yang menenangkan.

"Aromanya sering dikaitkan dengan kenangan indah, seperti membuat kue atau camilan manis lainnya," papar Lawless.

  • Aroma musky dan rempah

Menurut penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan dalam Electronic Journal of Human Sexuality, parfum pria dengan notes musky-spicy menjadi pilihan teratas bagi pria dan kerap dipilih wanita untuk diberikan ke pasangannya.

"Jika pria sudah memiliki parfum dengan aroma musk dan spice, itu pertanda Anda sudah berada di jalur yang benar," paparnya.

Baca juga: LArt & La Matière dari Guerlain, Menggubah Bahan Mentah Menjadi Karya Seni Wewangian 

Ilustrasi parfum mahalUnsplash Ilustrasi parfum mahal

  • Aroma rosehip

Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE menyebutkan, partisipan yang ditinjau menunjukkan, aroma minyak esensial rosehip membuat mereka menilai wajah yang dilihat terlihat lebih menarik.

  • Aroma citrus

Wewangian beraroma citrus yang berbasis jeruk juga dapat dipilih pria sebagai parfum andalan. Sebab, tidak sedikit dari wanita yang menyukai aroma yang menyegarkan.

"Dalam aromaterapi, aroma jeruk dianggap dapat membangkitkan kegembiraan. Aroma itu dapat menawarkan kesegaran dan vitalitas yang cukup menarik," paparnya.

Baca juga: Rahasia Wangi Wanita Terkenal Dunia, Parfum Apa yang Dipakai? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com