Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2024, 11:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Jika kamu memperhatikan perkembangan industri kecantikan, kamu pasti tahu ada bahan baru yang menjadi tren setiap beberapa tahun. Mulai dari algae hingga CBD, lalu teh hijau hingga prebiotik, serta bakuchiol pernah menjadi tren. 

Namun, ada juga bahan-bahan yang sudah lama digunakan dan masih dimanfaatkan hingga sekarang karena khasiatnya yang memang unggul, salah satunya minyak kelapa

Selama beberapa dekade, minyak kelapa digunakan di seluruh dunia untuk mendukung kesehatan rambut, kulit, kuku, dan banyak lagi. 

Baca juga: Tips Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut, Menurut Ahli

Apa saja manfaatnya? Berikut alasan mengapa kita sebaiknya menambahkan minyak kelapa ke dalam rutinitas kecantikan dan bagaimana menggunakannya.

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

1. Menghidrasi kulit kering

Minyak kelapa adalah emolien alami yang menenangkan dan melembutkan kulit. “Bahan aktifnya memberikan kelembapan yang mendalam dan nutrisi yang kaya untuk kulit,” kata Valerie Aparovich, ahli kosmetik, ahli kecantikan, dan pemimpin tim sains di aplikasi OnSkin. 

"Emolien membantu menahan air di permukaan kulit dan memperkuat fungsi pertahanan pelindung kulit. Minyak ini juga memiliki zat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi iritasi, kemerahan, dan pengelupasan."

Satu hal yang perlu diperhatikan: minyak kelapa bersifat sangat komedogenik, artinya dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat dan komedo. 

“Orang yang rentan berjerawat harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya pada dada, leher, bahu, dan punggung —area yang paling sering berjerawat,” jelas Aparovich. Dan kita disarankan tidak mengaplikasikannya ke wajah.

Untuk memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan tubuh, aplikasikan setelah mandi saat kulit lembab tetapi tidak basah, saran Anna Chacon, MD, dokter kulit di MyPsorasisTeam. 

Tuang minyak kelapa di antara telapak tangan dan pijat ke kulit dengan gerakan memutar. Untuk hasil terbaik, gunakan virgin coconut oil yang terbuat dari kelapa segar tanpa bahan tambahan, kata Aparovich.

Baca juga: Minyak Kelapa dan Bahan Alami untuk Menghaluskan Kulit Kaki Kering

2. Menghidupkan kembali helai rambut yang kering

Minyak kelapa telah lama menjadi bahan dalam sampo, kondisioner, dan masker rambut. Cara mudah untuk menggunakannya dalam rutinitas adalah sebagai masker rambut.

“Oleskan secukupnya pada rambut dan kulit kepala di malam hari, lalu tutupi rambut dengan handuk atau syal,” kata Ghanima Abdullah, ahli kecantikan dan rambut di The Right Hairstyles. Di pagi hari, keramaslah. 

“Cara ini membantu menghindari air berlebih masuk ke rambut yang sangat berpori dan merusaknya,” kata Abdullah. "Ini juga membantu mencegah sampo memasuki batang rambut, karena dapat bersifat korosif pada rambut sensitif."

Di daerah dingin, kita harus berhati-hati memakai minyak kelapa. Minyak ini memiliki titik beku yang rendah dan jika meresap ke dalam rambut, dapat membuatnya kaku.

Baca juga: Manfaat Minyak Cem-ceman atau Minyak Kelapa Murni

3. Melembapkan bibir

Jika bibirmu pecah-pecah, ganti lip balm yang biasa kamu gunakan dengan minyak kelapa. “Ini sangat bergizi, menghaluskan, bebas racun, dan aman untuk ditelan. Dan karena sangat berlemak, dapat menambah kekenyalan pada bibir,” kata Aparovich. 

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com