Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Kecantikan yang Tak Akan Pernah Ketinggalan Zaman

Kompas.com - 05/03/2024, 08:37 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

 

KOMPAS.com - Kita telah melihat banyak sekali tren kecantikan yang datang dan pergi selama beberapa dekade. Mulai dari perawatan menggunakan kulit manggis hingga retinol telah kita coba.

Dari sekian banyak tren tersebut, ada beberapa metode yang terbukti benar sehingga terus dipakai. Nah, apa saja tips kecantikan abadi yang harus selalu ada dalam rutinitas kita?

Tips kecantikan yang tidak akan ketinggalan zaman

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Ilustrasi perempuan, topi, kacamata hitam dan sinar mataharishutterstock Ilustrasi perempuan, topi, kacamata hitam dan sinar matahari
Perlindungan terhadap sinar matahari tidak akan pernah ketinggalan zaman, kata Valerie Aparovich, ahli kecantikan-kosmetologi di OnSkin, kepada Best Life. Faktanya, ini adalah salah satu kebiasaan paling penting dalam menjaga kulit tetap sehat dan awet muda dengan mencegah paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan.

“Radiasi UV memicu pembentukan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif di dalam kulit, yang mengakibatkan kerusakan sel,” jelas Aparovich. 

Akibatnya bermacam-macam, mulai dari photoaging yang menyebabkan kulit kering, penurunan elastisitas, kerutan, dan perubahan warna, hingga penyakit serius, termasuk melanoma.

Aparovich mengatakan, cara terbaik untuk melindungi kulit dari sinar matahari adalah dengan menggunakan tabir surya berspektrum luas dengan nilai SPF 30 atau lebih tinggi. Namun, kita juga bisa memakai topi atau payung untuk menghindari sinar berbahaya.

Baca juga: Dampak Sering Terpapar Sinar Matahari bagi Kulit dan Cara Mencegahnya

2. Menghindari panas pada rambut 

Ilustrasi hair dryer. SHUTTERSTOCK/PROSTOCK-STUDIO Ilustrasi hair dryer.
Bukan hanya kulit yang membutuhkan perlindungan. Megan Steinberg, ahli kecantikan dan mantan instruktur kecantikan di Sephora, mengatakan, salah satu tips kecantikan yang tak lekang oleh waktu adalah selalu menggunakan pelindung panas pada rambut atau menghindari paparan panas pada rambut.

Rambut yang terkena panas dari pengering rambut atau alat pelurus rambut akan menjadi kering, rusak, dan rapuh. Karenanya, Steinberg menyarankan agar kita melindungi rambut jika memang harus menggunakan panas untuk menatanya.

3. Menggunakan sarung bantal yang halus dan lembut

Ilustrasi bantal. FREEPIK/TIRACHARDZ Ilustrasi bantal.
Pendukung kecantikan kulit dan rambut lainnya adalah sarung bantal yang lembut dan halus, misalnya yang berbahan sutra, menurut pakar mode dan kecantikan Lara Eurdolian.

"Tidurlah di atas sarung bantal sutra," sarannya. "Permukaannya yang halus akan menghindarkan keriput di wajah sehingga kulit lebih sehat dan segar saat bangun tidur."

Baca juga: Benarkah Tidur di Atas Sarung Bantal Sutra Buat Rambut Lebih Baik?

4. Tidur cukup dan berkualitas

Menghindari kebiasaan tidur lagi adalah salah satu cara agar bangun tidur badan terasa segar.Shutterstock/Cookie Studio Menghindari kebiasaan tidur lagi adalah salah satu cara agar bangun tidur badan terasa segar.
Penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana kita tidur bila ingin menjaga kecantikan selama mungkin.

“Istirahat malam yang cukup dan berkualitas selalu menjadi tip kecantikan utama untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya,” kata Aparovich. 

Kurang tidur menyebabkan penurunan tingkat hidrasi, penurunan fungsi pelindung kulit, percepatan sekresi sebum, pori-pori membesar, kulit kusam, dan munculnya kantung di bawah mata.

Kita disarankan istirahat tujuh hingga sembilan jam tanpa gangguan setiap malam untuk memberi kesempatan pada tubuh dan juga kulit memperbaiki diri.

5. Menggunakan produk alami

Ilustrasi memakai maskerMedioimages/Photodisc Ilustrasi memakai masker
Salah satu aturan kecantikan yang dipatuhi Christina Kroll, ahli gizi klinis dan penulis kecantikan adalah, "Jika itu baik untuk lingkungan, itu juga baik untuk kita!"

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com