Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Kulit Putih Tak Lagi Jadi Standar Kecantikan di Indonesia

Kompas.com - 30/01/2024, 19:19 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulit putih telah lama dianggap sebagai simbol kecantikan. Namun saat ini anggapan tersebut sudah tak berlaku lagi.

Berdasarkan survei ZAP Beauty Index and MEN/O/LOGY Index 2024 kepada 9.000 perempuan Indonesia, hanya ada 1,1 persen responden menganggap kulit putih sebagai definisi cantik. 

Baca juga: 

Menurut COO Markplus.Inc, Yassanova atau Nova, hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya perempuan, sudah semakin sadar bahwa kulit cantik itu adalah kulit yang sehat. 

“Kita sekarang benar-benar celebrate (merayakan) semua warna kulit yang ada di Indonesia, enggak cuma putih aja,” ujar Nova saat acara The Exclusive Reveal of ZAP Beauty Index & MEN/O/LOGY Index 2024 di Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2024). 

Nova melanjutkan bahwa hasil survei tahun ini menunjukkan penurunan signifikan dibanding tahun 2021. 

“Tahun 2021, masih ada 13,6 persen perempuan Indonesia yang menganggap kulit putih itu standar kecantikan, sekarang turun drastis jadi cuma 1,1 persen saja,” tambahnya. 

Baca juga:

Semakin percaya diri dengan kondisi kulit

COO Markplus.Inc, Yossanova, saat mempresentasikan hasil survei ZAP Beauty Index and MEN/O/LOGY Index 2024, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline COO Markplus.Inc, Yossanova, saat mempresentasikan hasil survei ZAP Beauty Index and MEN/O/LOGY Index 2024, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2024).

Dalam hasil survei tersebut juga disampaikan bahwa saat ini sebanyak 98,5 persen perempuan Indonesia sudah semakin percaya diri dengan kondisi kulitnya. 

“Hanya 1,5 persen wanita yang merasa cantiknya kalau pas pakai makeup (dandanan) aja, sisanya udah pede (percaya diri) sama kondisi mukanya sendiri. Ini kan perubahan banget,” jelas Nova. 

Syarat cantik versi perempuan Indonesia, lanjutnya, juga berubah. Sebanyak 30,7 persen dari 9.000 responden menunjukkan, syarat cantik adalah berwajah mulus tanpa ada jerawat, kerutan, atau flek-flek hitam di wajah. 

Well-dressed (berpakaian rapi) juga termasuk syarat, tapi tak terlalu banyak persentasenya, hanya 16,4 persen. Nah, wajah glowing tuh di paling akhir, cuma 16,3 persen yang menganggap itu jadi patokan cantik,” pungkas Nova.

Baca juga: 3 Rekomendasi Warna Lipstik yang Dapat Mencerahkan Kulit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com