Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2024, 23:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi pasangan suami istri (pasutri), hubungan seks tidak hanya dapat meningkatkan kebahagiaan dalam rumah tangga, melainkan juga keintiman satu sama lain.

Namun, intensitas hubungan seks seringkali berkurang ketika perempuan hamil atau mengandung sang buah hati.

Hal ini karena banyak perempuan yang sedang hamil takut jika hubungan seks dapat berdampak kurang baik pada perkembangan janin di dalam perut.

Baca juga:

Lantas, apakah berhubungan seks saat istri sedang hamil itu diperbolehkan?

Menurut dokter obgyn dan pakar fertilitas, Dr Binarwan Halim, MKed(OG), SpOG(K), FICS, berhubungan seks ketika istri hamil itu boleh-boleh saja.

Kendati demikian, memang ada beberapa kondisi yang membuat hubungan seks sebaiknya tidak dilakukan saat istri sedang hamil.

"Tidak boleh berhubungan seks itu kalau, misalnya mulut rahim (istri) pendek ya. Karena itu kemungkinan lahir prematurnya lebih tinggi, makanya tidak boleh," terang Dr Binarwan saat ditemui Kompas.com usai acara konferensi pers Perfitri dan Merck di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca juga:

Selanjutnya, ia juga tidak menganjurkan berhubungan seks saat hamil dengan beberapa kondisi, seperti ketuban pecah, ada flek atau perdarahan waktu hamil, serta ari-ari berada di bagian bawah rahim (plasenta previa).

"Atau kalau ada riwayat keguguran dan persalinan prematur sebelumnya itu juga tidak dianjurkan untuk berhubungan seks karena bisa berbahaya bagi ibu dan janin," jelasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com