Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhubungan Seks di Pagi Hari Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Kompas.com - 07/03/2024, 23:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan bahwa berhubungan seks pada waktu-waktu tertentu dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Misalnya, selain di malam hari, pagi hari juga disebut menjadi waktu yang dipilih orang-orang untuk melakukan hubungan seks.

Baca juga:

Namun, apakah seks di pagi hari benar-benar bisa mempercepat kehamilan? Berikut penjelasannya.

Berhubungan seks di pagi hari bikin cepat hamil?

Menurut dokter obgyn dan pakar fertilitas, Dr Binarwan Halim, MKed(OG), SpOG(K), FICS, sebenarnya tidak waktu khusus yang dapat membantu mempercepat kehamilan.

Tetapi, ia mengungkapkan bahwa berhubungan seks pada pagi hari bisa menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuburan.

"Pagi hari memang waktu di mana hormon lebih meningkat. Itu yang membuat proses keseluruhan suasana hati yang bahagia (hapiness) ada," jelasnya kepada Kompas.com usai acara konferensi pers Perfitri dan Merck di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca juga:

Dokter Binarwan juga mengatakan, hormon testosteron pada laki-laki juga biasanya lebih tinggi pada pagi hari, terutama pukul 04.00 pagi.

"Jadi memang ada pengaruhnya terhadap tingkat kesuburan karena gairah seksnya juga lebih tinggi," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia, kualitas sperma juga memiliki peran penting. Selain itu, pastikan perempuan juga berhubungan seksual dalam masa subur.

@kompas.lifestyle Siapa yang suka pakai aplikasi kencan?? 8 aplikasi ini ternyata yang paling banyak digunakan di Indonesia? Dalam survei terbaru dari Populix yang bertajuk Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps, terungkap bahwa 63 persen responden dari total 1.165 orang menyatakan adalah pengguna aplikasi kencan online. Kalo kamu, aplikasi kencan mana nih yang pernah dipakai atau palinh kamu sukain? #aplikasikencan #kencan #datingapp #lifestyle ? suara asli - L
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com