Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2024, 04:04 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat berpuasa tentunya akan ada banyak perubahan yang dialami mereka yang menjalaninya. Mulai dari perubahan pola makan hingga gaya hidup.

Puasa kadang juga membuat orang mengurangi kegiatan fisik, seperi olahraga. Padahal olahraga saat puasa memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh kita.

Melakukan gerakan aktif sering kali dinilai akan membuat tubuh semakin lemas dan memicu keinginan untuk membatalkan puasa.

Namun olahraga atau kegiatan fisik ini sama pentingnya seperti makan dan minum. Manfaat olahraga saat puasa justru sangat bagus untuk menunjang ibadah puasa menjadi lebih lancar.

Saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (12/3/2024), Dr. Maria Lestari, BMedSc, PGDipSEM, SpKO, menyebutkan ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga saat puasa.

Baca juga: 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Setelah Berbuka Puasa

Manfaat olahraga saat puasa

1. Meningkatkan perasaan

Berolahraga akan meningkatkan perasaan menjadi lebih senang serta menjaga stabilitas, tentunya hal ini merupakan dampak positif yang didapatkan oleh tubuh kita.

“Selain itu, olahraga juga menjaga metabolisme tubuh dan membuat hormon serotonin bisa bekerja maksimal,” ucap Dr. Maria.

2. Menjaga kebugaran tubuh saat puasa

Tak hanya meningkatkan perasaan menjadi lebih baik, tubuh juga akan menjadi lebih bugar dengan olahraga. Meskipun rasa lesu saat berpuasa masih tetap ada, itu karena kurang asupan makanan yang masuk sampai berbuka, sehingga kalori menjadi sangat berkurang.

Olahraga saat puasa juga mengurangi risiko penurunan kebugaran atau penurunan fisik yang terlalu dalam. Selama puasa, fisik pada umumnya mengalami penyusutan. Nah, untuk menjaga massa otot atau fisik diperlukan olahraga atau aktivitas fisik,” tuturnya.

Namun jika kita menanggapinya dengan bermalas-malasan, rasa lesu dan lemas akan semakin terasa.

3. Lebih produktif

Saat berolahraga badan akan aktif bergerak dan kita akan terbiasa ketika sudah melakukannya secara rutin. Hal ini tentunya bisa membantu pekerjaan sehari-hari menjadi lebih ringan.

“Dengan olahraga, kita punya badan dan energi yang siap serta emosi yang stabil untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas tertentu,” lanjutnya.

4. Menjaga berat badan

Sebagian orang mengeluh karena selama berpuasa berat badannya semakin naik.
Hal itu dikarenakan seseorang tidak bisa mengontrol makanan dan minuman ketika sahur dan berbuka. Di sisi lain ada yang menjadi malas bergerak ketika sedang puasa karena takut lemas.

“Olahraga membantu agar tidak terjadi kenaikan berat badan drastis saat bulan puasa. Olahraga juga membantu penurunan berat badan dengan cara yang sehat dan tepat,” ucapnya.

Baca juga: Olahraga Saat Berpuasa? Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com