Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Setelah Berbuka Puasa

Kompas.com - 13/03/2024, 19:00 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Banyak cara untuk menjaga tubuh agar tetap bugar saat berpuasa, salah satunya adalah dengan olahraga. Olahraga saat berpuasa tetaplah kegiatan yang penting agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Saat berpuasa, olahraga terkadang menjadi hal yang berat umtuk dilakukan karena melibatkan aktivitas fisik dan membutuhkan banyak energi. 

Dilansir dari gulfnews.com ada 4 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa untuk menjaga tubuh tetap sehat.

1. Olahraga kontak

Ilustrasi olahraga volleyfreepik Ilustrasi olahraga volley

Salah satu olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga kontak seperti, sepak bola, voli, dan tenis. Olahraga ini baik untuk menjaga kebugaran selama berpuasa. Karena olahraga kontak memerlukan energi fisik yang penuh, hal ini dapat menjadi latihan yang intensif bagi tubuh.

Selama berpuasa sebaiknya lakukan olahraga ini saat sehabis berbuka. Karena jika di siang hari saat sedang berpuasa, glikolen tubuh sudah habis dan tidak bisa mendapatkan performa dengan intensitas yang dibutuhkan.

Baca juga: Bolehkah Lari Saat Puasa? Catat 4 Tips Ini

2. Yoga

ilustrasi yogafreepik ilustrasi yoga

Yoga adalah aktivitas olahraga yang tidak memerlukan energi fisik terlalu besar, sehingga cocok dilakukan ketika berpuasa. Selain itu, yoga tidak hanya baik untuk fisik saja tetapi juga bagus untuk mental.

Selama bulan puasa, yoga bisa dilakukan setiap hari, karena tidak memerlukan terlalu banyak tuntutan tenaga pada tubuh, dan dianjurkan untuk dilakukan setelah berbuka puasa, saat tubuh sudah makan dan terhidrasi.

3. Aerobik/Latihan Tari

ilustrasi aerobikfreepik ilustrasi aerobik

Aerobik atau latihan tari sepeti zumba atau body jam dapat meningkatkan daya kardiovaskular pada tubuh kita. Olahraga ini juga tergantung pada kondisi kebugaran masing-masing orang, dan beberapa orang mungkin akan merasa kelelahan.

Sebelum memulai olahraga ini sangat dianjurkam untuk menjaga hidrasi tubuh, karena akan memerlukan banyak energi fisik, sehingga sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa.

Menjaga tubuh terhidrasi sebelum memulai latihan semacam ini sangat penting, karena kemungkinan kamu akan mengalami peningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh.

4. Pilates

ilustrasi pilates
freepik ilustrasi pilates

Mirip dengan yoga, pilates tidak akan meningkatkan denyut jantung terlalu tinggi dan suhu tubuh yang signifikan sehingga bisa dilakukan selama berjam-jam.

Namun, perlu diperhatikan juga jika terlalu lama, tubuh akan dehidrasi sehingga disarankan melakukannya setelah berbuka. Pilates bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menjaga kekuatan inti tubuh selama bulan puasa.

Baca juga: 8 Olahraga yang Menurunkan Berat Badan secara Efektif 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com