Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Puasa untuk Ibu Menyusui, Jangan Telat Sahur dan Buka

Kompas.com - 18/03/2024, 17:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Ibu menyusui diberi keringanan untuk tidak ikut berpuasa saat bulan Ramadhan. Namun, berpuasa tetap diperbolehkan.

Bagi ibu menyusui yang berpuasa, penting untuk memerhatikan sejumlah hal untuk memastikan produksi ASI tak terganggu dan ibu senantiasa dalam kondisi sehat.

Lebih lanjut, berikut tips puasa ibu menyusui yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Ibu Hamil Puasa, Perhatikan Anjuran Makan Berikut

Tips puasa ibu menyusui

Dikutip dari Antara, Bidan dan praktisi prenatal yoga dari Poltekkes Kemenkes Jakarta Jamilatus Sa'diyah memberikan beberapa tips puasa ibu menyusui yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Tidak telat sahur dan berbuka

Hal ini dilakukan agar ibu bisa memastikan kebutuhan cairan hairan tercukupi.

Jamila menjelaskan, mencukupi cairan sangat penting untuk kelancaran ASI. Ibu menyusui diminta mengonsumsi dua gelas saat buka puasa, dua gelas sebelum tarawih, dua gelas setelah tarawih, serta dua gelas pada saat sahur.

“Upayakan untuk tidak telat sahur dan juga tidak telat untuk berbuka puasa untuk mencukupi cairan ibu menyusui ketika puasa minimal 2-3 liter per hari,” ucap Jamila, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Puasa?

2. Menjaga asupan kalori

Jamila menambahkan, selama dalam kondisi sehat dan berat badan bayi naik optimal, ibu menyusui tetap bisa berpuasa penuh dan hal itu tidak memengaruhi kualitas ASI.

Selain asupan cairan, penting pula untuk memastikan asupan kalori, dengan menambah sekitar 500 kalori.

“Memperhatikan pola makannya harus ada protein, karbohidrat kompleks, lalu terutama dalam kebutuhan cairan yang sangat penting pada saat menyusui, sayuran, vitamin dan mineral dari buah-buahan juga sangat penting,” tuturnya.

3. Pijat payudara agar ASI lancar

Selain itu, agar aliran ASI jauh lebih lancar, Jamila juga menganjurkan agar ibu menyusui yang  berpuasa dapat merangsang Letting Down Reflex (LDR) dengan memijat areola atau ataupun payudara ke arah puting.

Selain itu, jangan menunda menyusui sesuai permintaan saat bayi membutuhkannya.

“Tetap menyusui secara on demand atau semau bayinya, jadi tidak menunda atau menjadwalkan karena ini akan tetap menjaga produksi ASI ibu tetap baik,” tuturnya.

Baca juga: Bolehkah Lari Saat Puasa? Catat 4 Tips Ini

Ibu juga harus menjaga agar istirahat cukup sehingga tidak mudah sakit karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan turunnya produksi ASI.

@kompas.lifestyle Puasa Ramadhan tinggal menghitung hari nih, guys! Ayo kita siapkan diri agar badan tidak gampang lemas saat puasa! Gimana nih biasanya cara kalian agar badan tidak gampang lemas saat puasa? Komen di kolom komentar, ya! #tipspuasa #ramadhan #puasa #health ? Marhaban Ya Ramadhan - DIEKA YK
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com