Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Merawat Sepatu Kulit "Genuine Leather" agar Lebih Awet

Kompas.com - 20/03/2024, 21:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bahan kulit genuine leather saat ini banyak digunakan sebagai material dalam berbagai produk fesyen, salah satunya sepatu.

Tidak seperti full grain leather dan top grain leather yang merupakan permukaan atas kulit, genuine leather adalah lapisan kulit di bagian bawah yang tidak memiliki grain atau serat kulit. Untuk bisa digunakan, genuine leather harus diproses dahulu.

Meski kualitasnya tidak sebaik kulit di lapisan atasnya, namun genuine leather cenderung memiliki harga yang terjangkau dan juga mudah dirawat.

Co-Founder Shaddy Indonesia, Irma Rismalia mengatakan bahwa genuine leather bukanlah kulit sintetis yang dicampur plastik dan juga tidak mengandung bahan-bahan kimia.

Baca juga: Trik Bedakan Sepatu Kulit Murah, Mahal, dan Berkualitas

"Untuk perawatannya pun genuine leather itu enggak sulit sih," terangnya kepada Kompas.com usai acara peluncuran kolaborasi Glashka for Shaddy di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Lebih lanjut, ia membagikan beberapa tips merawat sepatu kulit dari genuine leather agar tetap awet dipakai sebagai berikut.

Tips merawat sepatu genuine leather supaya awet

1. Jangan direndam di dalam air

Proses membersihkan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat sepatu genuine leather.

Menurut Irma, ketika membersihkan sepatu genuine leather, pastikan untuk tidak merendamnya di dalam air karena bisa merusak kulit.

"Jadi kalau mau membersihkan cukup digosok pakai sikat gigi bayi," katanya.

Apabila sepatu kulit memiliki hiasan seperti bordiran, maka membersihkannya pun perlu menyesuaikan dengan kulit sepatu.

2. Disimpan dengan baik

Sepatu dari genuine leather juga perlu disimpan dengan baik, jangan di tempat yang lembap dan jangan terpapar langsung cahaya matahari.

"Eggak perlu langsung kena matahari, menyimpannya juga jangan di lemari atau tempat yang lembap, jadi diangin-anginkan saja," saran Irma.

3. Dipoles wax khusus untuk sepatu

Selanjutnya, bila kita ingin menjaga sepatu genuine leather tetap awet dan tampak selalu baru adalah dengan memolesnya menggunakan wax khusus.

Irma merekomendasi penggunaan natural wax secukupnya untuk membuat sepatu tetap lembap dan tidak mudah kering yang bisa menyebabkan pengelupasan.

"Untuk wax cukup diaplikasikan 2-3 bulan sekali, tergantung pada pemakaiannya juga. Cuma kalau mau diperbarui lagi bisa langsung dibawa ke laundry sepatu untuk retouch," imbuhnya.

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Bikin Sepatu Kulit Cepat Rusak

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com