Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2024, 09:09 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Mereka yang memperhatikan penampilan, umumnya memiliki setidaknya sepasang sepatu formal atau dress shoes yang terbuat dari kulit.

Tingkat formalitas dress shoes sendiri berjenjang, mulai dari sepatu oxford yang dianggap paling resmi, disusul derby, brogue, monk strap, loafer, chukka, chelsea boots dan seterusnya. Namun memiliki salah satu dari tiga yang pertama, sudah dianggap punya sepatu resmi.

Seperti fungsinya sebagai dress shoes, umumnya kita tidak memakai sepatu jenis ini sehari-hari, melainkan pada acara formal saja. Apalagi saat ini orang sudah bisa menerima jika kita datang ke kantor menggunakan sneakers.

Salah satu alasannya adalah dress shoes tradisional cenderung kurang nyaman dipakai karena sol-nya terbuat dari kulit. Penggunaan sol kulit ini memang meningkatkan formalitas, namun membuat dasar sepatu menjadi licin, keras, dan tidak menyenangkan dipakai berjalan dalam waktu lama.

Untunglah saat ini ada sol karet yang bisa juga digunakan pada dress shoes, sehingga memberi bantalan yang nyaman untuk kaki, sekaligus fleksibel dan tahan lama. 

Dress shoes dengan bantalan atau sol karet ini banyak ditemukan dalam produk-produk masa kini, termasuk dari brand sepatu asal Chicago, Cole Haan.

Baca juga: Deretan Sepatu Resmi James Bond, Mulai Dari Oxford hingga Loafer

Sepatu Cole Haan ZERØGRAND Remastered Oxford  dirangkai menggunakan FlowerFoam?, sol bagian luar yang dibuat secara ramah lingkungan dan terbuat dari minimum 25% karet dandelion alami.Kompas.com/Wisnubrata Sepatu Cole Haan ZERØGRAND Remastered Oxford dirangkai menggunakan FlowerFoam?, sol bagian luar yang dibuat secara ramah lingkungan dan terbuat dari minimum 25% karet dandelion alami.
Cole Haan bahkan melangkah lebih berani. Jika kebanyakan brand lain menggunakan sol karet dalam bentuk tradisional yang menyerupai sol kulit, maka Cole Haan menggunakan sol yang mirip sol sneakers. Terbayang kan sepatu kulit hitam atau coklat menggunakan sol putih yang empuk?

"Kami ingin memastikan bahwa tiap  alas kaki yang kami buat memberikan kenyamanan dan gaya,” ujar Lee Walker, Vice President dari Footwear & Active di Kanmo Group, saat meluncurkan seri  Zerogrand Remastered Oxfords, dan koleksi Bellport untuk perempuan, di Jakarta, Rabu (21/2/2024). 

Kedua koleksi dengan siluet yang ikonis ini menampilkan elemen baru, yakni sol karet, untuk memberikan kenyamanan pada pemakainya. 

Lalu dengan penggunaan sol karet, apakah sepatu ini termasuk jenis sepatu resmi atau kasual? Menurut Carissa Nathania Holy, Brand Manager Cole Haan Indonesia, seri ini menjadi perpaduan antara resmi dan kasual.

"Kita tetap bisa memakainya di berbagai acara resmi, namun cocok juga untuk suasana kasual," ujarnya.

Beda sol karet dan sol kulit

Pada awalnya semua sepatu resmi terbuat dari kulit, termasuk bagian solnya. Dan bahan kulit tetap populer saat ini karena ada sejarah formalitas dan tradisi yang memiliki daya tarik. 

Sedangkan sol karet pertama kali diterapkan pada akhir tahun 1800-an oleh perusahaan karet Continental sebagai alternatif bahan yang tahan lama dan ringan. 

Sol karet terus disempurnakan melalui komposisi kimia yang berbeda agar makin ringan dan memberi traksi. Sol karet kemudian banyak dipakai untuk sepatu olahraga dan aktivitas luar ruangan, namun juga diadopsi pada sepatu formal sebagai alternatif pengganti kulit.

Lalu apa bedanya sol karet dan sol kulit pada dress shoes? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Cobbler Union.

Baca juga: 9 Jenis Sepatu Kulit Laki-laki untuk Bergaya, Sudah Punya yang Mana?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com