Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Princess Cut Jarang Diminati tapi Masih Punya Daya Jual

Kompas.com - 22/03/2024, 17:17 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia perhiasan, ada salah satu istilah, yakni “cut” yang digunakan untuk mengklasifikasikan bentuk berlian. 

Princess cut merupakan salah satu potongan berlian yang cukup populer, dan sering digunakan saat pertunangan. 

Bentuknya kotak atau persegi jika dilihat dari atas, namun berbentuk seperti piramida terbalik jika dilihat dari bawah. 

Baca juga: Apa Itu Princess Cut dalam Perhiasan Berlian?

Baca juga: Ini Jenis Berlian yang Langka tapi Masih Banyak Dicari

Modelnya cenderung klasik dan sederhana, membuat siapa pun yang memakai berlian dengan potongan princess cut ini terlihat elegan. 

Meski begitu, menurut General Manager ritel berlian Mondial, Leslie Christian Saputra, model berlian yang satu ini termasuk yang jarang diminati. 

Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, saat sesi intimate media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (20/3/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, saat sesi intimate media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (20/3/2024).

Customer itu agak enggan untuk beli princess cut, karena biasanya mereka emang penginnya yang sparkling, bling-bling. Princess cut ini karena (bentuknya) kotak, jadi light performance-nya agak kurang dibanding fancy shape lainnya,” jelas Leslie. 

Baca juga: Ini 6 Jenis Potongan Berlian yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Meski demikian, Leslie mengatakan, berlian princess cut yang dijual di Mondial, terutama dari koleksi FireMark, memungkinkan untuk memantulkan 95 persen cahaya seperti berlian round shape

“(Berlian FireMark) memang memiliki double crown. Dalam kata lain, ini memang dirancang dengan presisi tinggi untuk memaksimalkan kilau dan cahaya alami. Ini enggak cuma marketing gimmick aja sih, kami juga punya sertifikasinya dari dua lembaga, yaitu dari GIA dan GCAL,” lanjut Leslie. 

Lebih lanjut, Leslie menjelaskan bahwa koleksi FireMark dirancang dengan potongan yang sangat detil dan simetris, sehingga bisa menciptakan efek api saat terkena cahaya. 

“Karena kelebihan itu, princess cut ini jadi masih punya daya jual, banyak dicari orang juga,” pungkasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com