Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2024, 14:14 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhiasan berlian yang dijual di pasaran ternyata punya bentuk yang berbeda-beda. Perbedaan bentuk tersebut karena adanya berbagai diamond cut (potongan berlian). 

Salah satu diamond cut yang dijual di pasaran adalah “Princess cut”, yang punya bentuk kotak atau persegi. 

Menurut General Manager ritel berlian Mondial, Leslie Christian Saputra, potongan berlian yang satu ini jarang diminati oleh pembeli. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Membeli Perhiasan Berlian

Baca juga: Ini Jenis Berlian yang Langka tapi Masih Banyak Dicari

“Customer itu agak enggan untuk beli princess cut, karena biasanya mereka emang penginnya yang sparkling, bling-bling. Jadi biasanya orang-orang prefer pilih yang round cut,” kata Leslie dalam sesi intimate media gathering di Mondial Plaza Indonesia, Rabu (22/3/2024). 

Apa itu princess cut?

Melansir laman Gem Society, Jumat (22/3/2024), berlian potongan princess cut ini pertama kali muncul pada tahun 1960-an. 

Sejak itu, potongan berlian yang satu ini menjadi sangat populer dalam cincin pertunangan, karena gayanya yang khas. 

Baca juga: Apakah Berlian Cocok Jadi Investasi?

Berlian princess cut ini tampak persegi jika menghadap ke atas, tetapi berbentuk seperti piramida terbalik dengan dua hingga empat pola chevron di bagian bawah potongan. 

Banyak digunakan sebagai cincin pertunangan

Masih banyak yang bertanya-tanya, cincin tunangan dan nikah apakah beda atau sama.UNSPLASH/DANIEL GUTKO Masih banyak yang bertanya-tanya, cincin tunangan dan nikah apakah beda atau sama.

Dikutip dari laman With Clarity, berlian dengan princess cut ini menyumbang 30 persen dari cincin pertunangan, lantaran punya tampilan yang klasik. 

Meskipun berlian bulat adalah bentuk standar dan klasik, berlian dengan princess cut ini dinilai sebagai pilihan tepat untuk cincin pertunangan karena punya gaya modern dan ramping. 

Baca juga: Perhiasan Berlian Selalu Mahal, Benarkah?

Banyak calon pengantin menyukai bentuk berlian ini karena memadukan feminitas berlian dengan keunggulan arsitektural berkat sudut-sudutnya yang tajam. 

Jarang diminati

Meski begitu, secara umum potongan berlian yang satu ini, kata Leslie, jarang diminati orang.

Sebab, tingkat light performance atau pemantulan cahayanya lebih rendah dibanding berlian dengan bentuk bulat ataupun oval. 

Light performance-nya tidak semaksimal fancy shape lainnya. Jadi bentuk berlian yang ini sering ditinggalkan atau tidak dipilih oleh orang-orang yang mau beli perhiasan,” kata Leslie. 

Karenanya, berlian potongan princess cut ini, dari segi harga jauh lebih terjangkau dibanding berlian dengan potongan lainnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com