Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Membeli Perhiasan Berlian

Kompas.com - 22/03/2024, 10:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlian bisa dibilang sebagai primadona di industri perhiasan. Sebab, proses pembuatannya memakan waktu yang tak singkat, bahkan butuh waktu miliaran tahun. 

Atas alasan itu, biasanya berlian punya harga jual yang sangat mahal hingga ratusan juta rupiah. 

Tentunya kamu tidak mau kan salah pilih saat membeli perhiasan berlian? Berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan ketika baru pertama kali membeli berlian. 

Baca juga: Ini Jenis Berlian yang Langka tapi Masih Banyak Dicari

Baca juga: Apakah Berlian Cocok Jadi Investasi?

Hal yang harus diperhatikan saat membeli berlian

1. Karat

Berlian Mondial yang dipamerkan saat sesi intimate media gathering bersama General Manager Mondial, Leslie Christian Saputra, Rabu (20/3/2024). Dok. Mondial Berlian Mondial yang dipamerkan saat sesi intimate media gathering bersama General Manager Mondial, Leslie Christian Saputra, Rabu (20/3/2024).

Jika kamu pernah mendengar istilah “karat” dalam sebuah perhiasan, hal itu termasuk dalam standar 4C yang akan dibahas di sini. 

Melansir situs web resmi Gemological Institute of America (GIA), Kamis (21/3/2024), 4C merupakan empat faktor yang menjadi ciri berlian, dan setiap berlian, pasti punya standar 4C-nya masing-masing. 

Baca juga: Memilih Berlian, Apa yang Harus Diperhatikan?

Sesuai dengan namanya 4C terdiri dari Color (warna), Clarity (kejernihan), Cut (potongan), dan Carat (karat atau ukuran). Standar inilah yang digunakan untuk mengukur kualitas sebuah berlian. 

Untuk berlian, ukuran atau karat yang semakin besar tentu harganya makin mahal. Apalagi bila kualitas lainnya juga tinggi (warna potongan, dan kejernihannya).

2. Grade Color dan Clarity

Penjelasan tentang grade color dan clarity dalam lembar sertifikat berlian dari GIA.KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Penjelasan tentang grade color dan clarity dalam lembar sertifikat berlian dari GIA.

Menurut General Manager ritel berlian Mondial, Leslie Christian Saputra, warna dan kejernihan berlian menjadi salah satu faktor penentu harga jual berlian. Semakin bening warna berlian, maka grade-nya akan semakin tinggi. 

“Kalau di berlian, penilaian paling tinggi di grade color itu adalah D. Kalau grade-nya D, artinya berliannya ini bening, tidak ada warnanya, dan harganya sangat mahal dibanding kategori warna lainnya,” jelas Leslie dalam sesi intimate media gathering, di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (21/3/2024).

Baca juga: Perhiasan Berlian dengan Cushion Cut Diprediksi Ngetren pada 2024

Diketahui, warna berlian diukur berdasarkan rentang warna D-Z.

Rentang tersebut terbagi dalam lima kategori, yakni colorless (tidak berwarna, D-F), near colorless (nyaris tidak berwarna, G-J), faint (sedikit tidak berwarna, K-M), very light (cukup berwarna, N-R), dan light (terlihat jelas warnanya, S-Z). 

3. Cut

Salah satu cincin berlian kategori MEC Ultimate, yang dijual di Mondial. KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Salah satu cincin berlian kategori MEC Ultimate, yang dijual di Mondial.

Cut (potongan) berhubungan dengan potongan berlian yang punya pengaruh besar terhadap kilau berlian. 

Baca juga: Gandeng Swarovski, Kim Kardashian Bikin Bodysuit Bertabur Berlian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com