Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2024, 08:08 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perhiasan merupakan salah satu aksesoris yang banyak digunakan orang dalam penampilannya, terutama yang berbahan emas. Namun emas banyak macamnya, sehingga kita harus pandai memlihnya.

Jika kamu ingin membeli perhiasan emas untuk hadiah ataupun untuk diri sendiri, pilihlah emas dengan kualitas yang baik, yang bisa dilihat melalui kadar emasnya.

Kadar emas adalah jumlah kandungan emas yang terdapat pada perhiasaan tertentu. Kadar emas biasa juga disebut dengan karat. Semakin tinggi kadar emas umumnya harganya pun akan semakin tinggi.

Winy Melita, Brand Manager The Palace Jeweler mengatakan di acara Gathering The Palace x Lakuemas: Ketupat Emas, bahwa kadar emas yang bagus untuk perhiasan adalah 75%.

“Untuk perhiasan, kadar emas yang bagus adalah 75% atau 18 karat,” tuturnya, Selasa (26/03/2024) di Jakarta.

Sebagian besar orang mungkin akan berpikir jika kadar emas semakin tinggi akan semakin bagus kualitasnya. Hal itu memang benar, namun menurut Winy, untuk perhiasan, kadar emas yang terlalu tinggi, justru tidak terlalu bagus.

“Kenapa 18 karat? Karena kadar tersebut sudah yang paling pas untuk perhiasan. Kalau kadarnya terlalu tinggi teksturnya akan terlalu lunak, jadi gampang tergores atau gampang rusak,” lanjutnya.

Biasanya dalam perhiasan emas, ada sekitar 25% logam lain yang digunakan untuk menambah kekuatan dan ketahanan terhadap goresan serta suhu tinggi. Logam tambahan ini juga memungkinkan perhiasan untuk menahan berbagai jenis batu permata dan menjaga keindahannya lebih lama.

Emas dengan kadar karat yang tinggi mungkin terlihat lebih bergengsi, tetapi sebenarnya lebih lunak dan rentan tergores. Perhiasan dengan kadar emas yang tinggi juga cenderung tidak kuat menahan bahan tambahan seperti berlian, dan bisa berubah bentuk jika terkena panas.

Baca juga: Kadar Emas Paling Ideal untuk Perhiasan, Bukan 24 Karat!

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com