Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oprah Winfrey: Kebahagiaan dan Kesuksesan Terletak pada 5 Kata

Kompas.com - 27/05/2024, 08:18 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Inc.

KOMPAS.com - Kita semua ingin bahagia, dan banyak yang mencarinya lewat kekayaan, ketenaran, atau kesuksesan hidup.

Namun Oprah Winfrey memberikan wawasan tentang bagaimana mencapai kebahagiaan jangka panjang dengan cara yang sangat sederhana.

Apa arti kebahagiaan? Lebih penting lagi, bagaimana cara menjadi bahagia? Oprah menjawab pertanyaan ini dalam sebuah episode NPR's Morning Edition tahun lalu.

Sering kali, orang salah memahami konsep kebahagiaan sebagai sekadar emosi. Padahal, kebahagiaan tercermin dari emosi kita. Jika kita hanya mengejar perasaan sesaat, kita akan bergantung pada keadaan sehari-hari yang tidak stabil.

Baca juga: 20 Langkah Sederhana Menuju Kebahagiaan Diri

Jadi, apa kunci kebahagiaan jangka panjang? Berikut penjelasan Oprah di Morning Edition:

"Saya beri tahu, jika kamu melakukan sesuatu untuk membuat orang lain bahagia, maka kebahagiaan itu kembali kepadamu 100 kali lipat. Saya memahami ini sejak kecil di Mississippi. Rasanya lebih nikmat jika saya bisa berbagi sesuatu dengan orang lain. Filosofi berbagi dan melakukan sesuatu untuk orang lain membawa kebahagiaan besar."

Kebahagiaan menurut Oprah berada dalam lima kata ini: 'Lakukan sesuatu untuk orang lain'

Lima kata ajaib ini lebih mudah dilakukan daripada mengejar uang, kekuasaan, ketenaran, atau popularitas di media sosial. Oprah menekankan bahwa kebahagiaan sejati datang dari menggunakan kemampuan kita untuk membantu orang lain.

Salah satu kutipan favorit Oprah dari Martin Luther King Jr. adalah, "Tidak semua orang bisa terkenal, tetapi semua orang bisa hebat, karena kebesaran ditentukan oleh pelayanan."

Pandangan Oprah tentang membantu orang lain menekankan bahwa kebahagiaan dan kesuksesan sejati diukur bukan hanya oleh pencapaian pribadi, tetapi juga oleh dampak positif yang kita berikan kepada dunia. Kesuksesan digunakan untuk membuat perubahan positif dalam kehidupan orang lain.

Baca juga: 9 Kebiasaan yang Membawa Kebahagiaan dalam Hidup

Ilmu pengetahuan mendukungnya

Membantu orang lain terbukti baik untuk kesehatan kita. Harvard Health menyatakan bahwa tindakan memberi atau membantu orang lain memicu pelepasan endorfin di otak, menciptakan perasaan nyaman yang disebut "helper's high." Ini baik untuk kesehatan dan kebahagiaan kita.

Penelitian di International Journal of Psychophysiology menunjukkan bahwa memberi atau membantu orang lain dapat menurunkan tekanan darah, seperti manfaat dari diet sehat dan olahraga teratur.

Penelitian lain di Innovation in Aging menemukan bahwa memberi dan membantu dikaitkan dengan tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah dan dapat mengurangi stres.

Menjadi pelayanan bagi orang lain membawa kebahagiaan dan kepuasan mendalam, seperti yang dialami Oprah Winfrey. Ini membantu kita dan orang lain tumbuh, menjadi lebih tangguh, meningkatkan kesejahteraan, dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ini adalah kemenangan untuk semua.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sehari-hari untuk Redakan Stres dan Tingkatkan Kebahagiaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com