Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Menulis Jurnal untuk Tingkatkan Kebahagiaan

Kompas.com - 28/08/2023, 10:48 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber realsimple

KOMPAS.com - Menulis jurnal alias journaling merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasikan untuk mengurangi stres, bahkan mencapai kebahagiaan. Kegiatan ini juga dapat menjadi cara efektif untuk memahami perasaan kita, hingga memantau perkembangan emosi dari hari ke hari.

"Menulis dapat membantu kita untuk menemukan solusi dari perasaan kita dibandingkan memendamnya," kata Laura Lewis Mantell, M.D, dokter spesialis manajemen rasa sakit dan stres yang berbasis di Amerika Serikat.

Manfaat menulis jurnal pun sudah dibuktikan melalui penelitian yang terbit dalam Journal of Medical Internet Research Mental Health di tahun 2018.

Menurut riset tersebut, membuat jurnal membawa pengaruh positif untuk menurunkan rasa cemas, depresi hingga tekanan lain setelah aktif melakukannya selama satu bulan.

Baca juga: Apakah Manfaat Menulis Jurnal? 

Langkah menulis jurnal

Ilustrasi hobi menulis jurnal untuk mengatur energi demi mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia.Unsplash Ilustrasi hobi menulis jurnal untuk mengatur energi demi mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia.

Jika ingin mencoba menulis jurnal tapi tidak tahu mulai dari mana, berikut beberapa langkah yang dapat dicoba.

1. Menuliskan sesuatu yang membuat kita bahagia

Memulai menulis jurnal dapat diawali dengan menuliskan beberapa hal yang membuat kita bahagia atau pengalaman apa pun yang membuat kita senang.

"Jika tujuannya untuk merasa lebih bahagia, ada baiknya jika kita menuliskan dua atau tiga hal yang membuat kita merasa bahagia di hari itu,"

Demikian kata Chloe Carmichael, Ph.D., psikolog klinis dan penulis "Energy: Harness the Power of Your Anxiety.

Kebiasaan menulis hal yang membuat kita bahagia tidak hanya meningkatkan perhatian pada hal-hal yang membuat kita senang tapi juga melatih otak untuk memindai peristiwa yang membahagiakan sepanjang hari.

Baca juga: Bikin Jurnal Rasa Syukur, Kiat Drew Barrymore Asuh Anak secara Positif

2. Menuliskan hal yang kita syukuri

Tidak cuma hal yang membuat kita bahagia, tapi juga menyadari apa yang kita syukuri dapat membantu meningkatkan fokus pada apa yang sedang dialami untuk berlatih mindfulness.

Jurnal terkait rasa syukur ini cukup beragam, tapi kita dapat memulainya dengan menuliskan hal-hal spesifik yang patut disyukuri.

Hal itu mencakup dua atau tiga hal sehari yang meliputi benda, tindakan, serta pengalaman yang bisa kita syukuri.

3. Menuliskan apa yang membuat kita kesal

Pendekatan lain memulai perjalanan menulis jurnal dapat ditingkatkan dengan menuliskan apa yang membuat kita kesal dan khawatir.

Namun sebaiknya kita juga menyeimbangkannya dengan menulis beberapa cara atau solusi di balik apa yang membuat kita kesal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com