Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kebiasaan Sederhana untuk Dongkrak Kebahagiaan dan Kesehatan Mental

Kompas.com - 15/07/2023, 18:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak hal dalam kehidupan yang bisa membuat kita merasa stres setiap saat.

Entah itu karena pekerjaan, tanggung jawab keluarga, urusan pertemanan, dan sebagainya, semua itu bisa saja mengganggu kesejahteraan kita.

Untungnya, menerapkan beberapa kebiasaan yang baik untuk kesehatan mental dapat membuat stres lebih mudah dikelola, membantu kita tetap positif, dan juga bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Yang perlu kita lakukan hanyalah sedikit usaha dalam proses membangun kebiasaan positif untuk meningkatkan kesehatan mental sehingga kita dapat memetik hasilnya di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis bagi Kesehatan Mental

Mengapa kebiasaan baik penting untuk kesehatan mental?

Banyak dari kita sudah memiliki kebiasaan sehat yang mendukung kesehatan fisik kita.

Jika kita menyikat gigi setiap pagi dan malam, mandi secara teratur, atau mengonsumsi multivitamin setiap hari, maka kita telah membangun beberapa kebiasaan sehat untuk diri kita sendiri.

Namun, banyak juga dari kebiasaan mendasar yang kita lakukan sejak kecil hanya berfokus pada kesehatan fisik saja, bukan kesehatan mental.

Tapi, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari kebiasaan baru.

Karena mengembangkan beberapa kebiasaan untuk meningkatkan kesehatan mental penting untuk beberapa alasan.

Kesehatan mental itu sangat berpengaruh terhadap hampir semua hal yang kita lakukan, baik disadari maupun tidak.

Saat kita stres, cemas, atau kewalahan, hal ini akan berdampak pada kesehatan fisik dan juga kesehatan emosional.

Itu tidak hanya berdampak pada diri kita sendiri. Ada kemungkinan besar bahwa teman, keluarga, dan orang terdekat lainnya bisa merasakan energi negatif tersebut.

Baca juga: Seni Menjaga Kesehatan Mental

Selain itu, kebiasaan kesehatan mental yang sehat dapat membantu kita beristirahat lebih baik di malam hari dan memulai setiap hari dengan catatan positif.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut juga dapat membantu kita menangani situasi yang kita hadapi sepanjang hari dengan lebih baik dan berpikir lebih jernih sehingga meningkatkan energi dan kemampuan kita untuk fokus.

Ilustrasi bersyukurUnsplash Ilustrasi bersyukur
Bagian terbaiknya, kebiasaan yang sehat untuk kesehatan mental kita mampu menjaga pikiran kita juga tetap sehat dan tentunya lebih bahagia.

Kebiasaan terbaik untuk dongkrak kesehatan mental

Jika kita sudah siap untuk memasukkan beberapa kebiasaan kesehatan mental yang sehat ke dalam rutinitas, maka kita memerlukan kebiasaan-kebiasaan yang efektif dan sederhana seperti berikut ini.

1. Berlatihlah untuk bersyukur

Memupuk rasa syukur secara teratur adalah salah satu kebiasaan yang paling berdampak untuk dapat digunakan memperkaya hidup.

Banyak dari kita yang menjalani hari dengan autopilot, tidak berhenti untuk mengenali semua berkat yang ada di sekeliling kita.

Baca juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Mental saat Kena PHK

Dengan berlatih bersyukur, kita akan meningkatkan kehidupan dalam berbagai cara dan ada data yang mendukung hal itu.

Cukup banyak penelitian yang telah dilakukan tentang topik rasa syukur dan bagaimana hal itu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan maupun kesejahteraan.

Ilustrasi berolahraga, pakaian olahraga.FREEPIK/TIRACHARDZ Ilustrasi berolahraga, pakaian olahraga.
Ketika kita dengan sengaja memfokuskan pikiran pada hal-hal positif, hal ini akan berdampak besar pada cara kita berpikir dan merasa.

Kita bisa memulainya dari hal kecil dengan menuliskan tiga hal yang kita syukuri setiap hari. Lalu, kita akan segera melihat bagaimana rasa syukur dapat dianggap sebagai kebiasaan kesehatan mental yang sehat.

2. Sering berolahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran fisik, tetapi juga dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan mental.

Olahraga telah terbukti dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan rasa percaya diri, mengatasi depresi, dan meningkatkan kognisi secara keseluruhan.

Namun, olahraga lebih mudah diucapkan daripada dilakukan bagi banyak dari kita, terutama jika kita memulai dari nol dan mengembangkan kebiasaan ini dari awal.

Baca juga: Pernikahan Dini Berdampak Negatif untuk Kesehatan Mental Perempuan

Tetapi, apabila kita dapat menjadikan olahraga sebagai bagian rutin dalam hidup, maka kita akan menikmati manfaat fisik dan mental dalam jangka panjang.

Kunci terbesar untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan adalah menemukan sesuatu yang benar-benar kita sukai.

Membiasakan diri dengan olahraga yang kita takuti bisa jadi hampir mustahil, tetapi dengan menjadikannya pengalaman yang positif, kita dapat menemukan diri lebih terbuka atau bahkan bersemangat dengan ide olahraga berikutnya.

3. Pilih makanan sehat

Sadar atau tidak, kita semua memiliki kebiasaan dalam hal makanan yang kita pilih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com