Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Saku Sir Winston Churchill Terjual di Lelang seharga Rp 1,57 M

Kompas.com - 30/05/2024, 17:39 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber BBC

KOMPAS.com - Sebuah arloji saku yang pernah dihadiahkan kepada Sir Winston Churchill oleh Herbert Henry Asquith pada tahun 1905 telah dilelang seharga 76.000 pounsterling atau sekitar Rp 1,57 miliar.

Harga jam saku berbahan emas 18 karat, yang diukir dengan lambang Sir Winston ini melampaui perkiraan awal sebesar 20.000-30.000 pounsterling.

Juru lelang Dawsons, Edward Langmead menyebutnya sebagai "hasil yang mendebarkan".

Adapun jam tangan itu jatuh ke tangan seorang kolektor swasta di Inggris setelah "perang penawaran yang sengit" di rumah lelang Dawsons, di Maidenhead, Berkshire.

Rumah lelang itu mengatakan ada "persaingan panas secara online, khususnya dari Amerika", selama penawaran berlangsung.

Baca juga: Jam Saku Mafia Legendaris Al Capone Siap Dilelang

arloji saku yang pernah dihadiahkan kepada Sir Winston Churchill oleh Herbert Henry Asquith pada tahun 1905 arloji saku yang pernah dihadiahkan kepada Sir Winston Churchill oleh Herbert Henry Asquith pada tahun 1905

Arloji saku itu bertuliskan di bagian dalamnya: "Kepada Winston dengan rasa terima kasih H. H. Asquith Xmas 1905."

Hadiah tersebut diyakini sebagai pengakuan atas "langkah berani" Sir Winston pada tahun 1904 ketika ia secara terkenal berpindah ke partai Liberal, karena ketidaksepakatan dengan kepemimpinan Konservatif mengenai reformasi tarif, kata rumah lelang tersebut.

Churchill menjadi Perdana Menteri dua kali, yaitu dari tahun 1940 hingga 1945 dan kemudian lagi antara tahun 1951 hingga 1955.

Asquith adalah anggota terkemuka partai Liberal pada awal abad ke-20. Ia kemudian menjadi perdana menteri dari tahun 1908 hingga 1916, membawa Inggris ke dalam Perang Dunia Pertama.

Langmead berkata: "Merupakan suatu kehormatan untuk dapat menangani, meneliti dan melelang jam saku yang luar biasa ini. Ini adalah hasil yang mendebarkan bagi Dawsons dan klien kami, setelah perjalanan yang mengasyikkan dengan barang luar biasa dari sejarah."

Baca juga: Jam Saku Emas Milik Orang Terkaya di Titanic Pecahkan Rekor Lelang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com