Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mencukur Bisa Membuat Bulu Tumbuh Lebih Tebal?

Kompas.com - 17/06/2024, 16:36 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Banyak orang masih percaya terhadap anggapan bahwa mencukur rambut atau bulu di tubuh dapat menumbuhkan rambut baru yang lebih tebal dan lebih pekat warnanya. 

Bahkan setelah mencukur rambut yang ada di bagian tubuh lain, seperti kaki, tangan, ataupun ketiak, rasanya rambut tersebut menjadi lebih cepat tumbuh setelah dicukur. 

Lantas, benarkah mencukur bisa merangsang pertumbuhan rambut yang jauh lebih tebal? 

Menanggapi hal tersebut, Pakar Dermatologi Taylor Bullock, MD mengungkap bahwa ketika mencukur rambut, itu artinya kamu memotong bagian batang rambut, bukan akar rambut.

Sementara akar rambut tersebut berada di bawah permukaan kulit. Dengan mencukur, kamu tidak memangkas habis rambut langsung dari akarnya, sehingga tidak merubah apapun. 

“Jika setelah bercukur kamu merasa rambut tumbuh lebih tebal dan lebih gelap, hal ini sebenarnya disebabkan oleh variasi batang rambut, bukan karena mencukur mengubah folikel rambut,” jelas Bullock, dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (17/6/2024). 

Baca juga: Seberapa Sering Pria Harus Mencukur Kumis dan Janggut?

Bullock menjelaskan bahwa ketika rambut yang dicukur mulai tumbuh kembali, rambut tersebut mungkin tampak lebih tebal atau lebih gelap dari sebelumnya padahal tidak.

Ketebalan dan warna rambut yang tubuh akan kembali seperti sama semula.  “Setelah rambut tumbuh lebih panjang, teksturnya akan kembali lebih lembut seperti sebelumnya,” ujarnya. 

Baca juga: Seberapa Sering Pria Harus Mencukur Kumis dan Janggut?

Berapa lama rambut tumbuh kembali?

Selain itu, Bullock menyebutkan bahwa mencukur tidak mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. 

Rata-rata, rambut di kulit kepala dan kaki bagian bawah tumbuh sekitar setengah inci hingga satu inci per bulan. Namun kecepatan pertumbuhan rambut setiap orangnya bisa berbeda.

“Lamanya waktu yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh akan bergantung pada seberapa cepat rambut tumbuh dan lokasi rambut yang kamu cukur,” kata Bullock. 

Rambut di kepala cenderung jauh lebih cepat tumbuh, dibandingkan rambut yang ada di bagian tubuh lainnya. 

Karena itu, jika kamu ingin mencukur rambut atau bulu-bulu di tubuhmu, jangan khawatir nanti akan tumbuh lebih tebal dan kasar.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com