Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Pria Harus Mencukur Kumis dan Janggut?

Kompas.com - 11/01/2024, 19:41 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kumis dan janggut sering dianggap sebagai elemen penting yang menunjang penampilan fisik bagi banyak pria.

Pertumbuhan rambut halus di wajah itu tak cuma mencerminkan identitas atau gaya pribadi, tetapi juga dapat menambah rasa percaya diri.

Satu hal penting yang tak boleh dilupakan para pria adalah kumis dan janggut perlu dirawat dengan tepat, misalnya dicukur secara berkala.

Lantas, seberapa sering kumis dan janggut ini perlu dipangkas?

Dokter spesialis kulit dan kelamin yang berbasis di Jakarta, dr. Hari Darmawan, Sp.KK mengatakan, tidak ada patokan seberapa sering kumis dan janggut perlu dicukur.

Sebab, frekuensi bercukur biasanya menyesuaikan preferensi hingga faktor pertumbuhan rambut bagi masing-masing pria.

Pasalnya, setiap individu memiliki tingkat pertumbuhan rambut yang berbeda. Beberapa pria mungkin memiliki pertumbuhan rambut yang lebih cepat (0,5 hingga 1 cm per bulan) sehingga memerlukan perawatan lebih sering.

Menurut dokter Hari, pada pria dengan pertumbuhan rambut yang pesat, bisa dipertimbangkan untuk bercukur seminggu sekali. 

Sementara pada pria dengan pertumbuhan rambut lebih lambat, bercukur bisa dilakukan sesuai kebutuhan, seperti dua atau tiga kali dalam sebulan.

"Harus lebih sering kalau kumis dan janggutnya tumbuh cepat. Karena bercukur itu bukan perkara penampilan saja, tapi juga ada alasan kesehatan yang penting untuk diperhatikan," paparnya saat ditemui Kompas.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Bercukur untuk Kulit Wajah Sensitif

Manfaat bercukur secara berkala

Secara umum, mencukur kumis dan janggut secara berkala memang dapat menunjang penampilan agar tampak lebih bersih dan tidak berantakan.

Pertumbuhan rambut di area wajah tidak seperti di kulit kepala yang mungkin bisa tumbuh lebih kusut dan tampak tidak estetik.

"Saya rasa sekarang perempuan lebih memerhatikan estetika juga, ya. Tentu penampilan pria yang bersih atau rapi juga akan terlihat lebih menarik," tambahnya.

Jika dilihat dari segi kesehatan, mencukur kumis dan janggut berkala juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri di area tersebut.

Sehingga pria yang berkumis dan berjanggut perlu rajin bercukur supaya penampilan tampak lebih terawat dengan baik, sehat dan bersih.

"Kalau tidak dicukur secara berkala, kumis dan janggut bisa menjadi media pertumbuhan bakteri, kulit menjadi lembap dan mungkin memicu infeksi," tukasnya.

Baca juga: Kesalahan yang Dilakukan Pria Saat Bercukur

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com