Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2024, 20:59 WIB
Nabilla Ramadhian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comEuro 2024 atau Piala Eropa 2024 telah berlangsung sejak kick off Sabtu (15/6/2024) lalu.

Selain menikmati aksi para pemain di lapangan hijau, salah satu faktor yang membuat Piala Eropa 2024 menarik adalah jersey yang digunakan masing-masing negara.

Di antara 23 tim yang berpartisipasi, berikut Kompas.com rangkum 10 jersey Piala Eropa 2024 keren dari laman Soccer Bible, Selasa (18/6/2024).

1. Jerman

Jersey kandang Jerman yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.dok. Situs resmi Adidas Jersey kandang Jerman yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.

Jersey yang diproduksi oleh adidas ini mengusung model lengan panjang dan lengan pendek.

Jersey kandang tuan rumah tampak “berapi-api” lewat desainnya yang mengambil warna kuning, oranye, merah, dan hitam, warna klasik yang selalu diadopsi Jerman dalam desain jersey.

Untuk lengan panjang, warna kuning berada di bagian sikut sebelum bercampur dengan warna oranye, merah, dan hitam ke arah bawah menuju bagian pergelangan tangan.

Baca juga: Cerita Kolektor, Pernah Jual Jersey Klasik Maradona Seharga Rp 40 Juta

Warna kuning lainnya terdapat di lengan atas yang bercampur dengan tiga warna lainnya ke arah pundak. Gradasi warna ini juga tampak pada jersey model lengan pendek.

2. Portugal

Jersey tandang Portugal yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.dok. Situs resmi Nike Jersey tandang Portugal yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.

Jersey tandang yang dipakai Portugal dalam Piala Eropa 2024 ini kemungkinan menjadi salah satu jersey terakhir yang diproduksi Nike, mengingat PUMA akan mengambil alih pada Januari 2025.

Sebagai “salam perpisahan”, Nike memasukkan pola arsitektur tradisional khas Portugal ke dalam desain jersey tersebut, yaitu pola ubin mosaik biru.

3. Belgia 

Jersey tandang Belgia yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.dok. Situs resmi Adidas Jersey tandang Belgia yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.

Jersey tandang negara ini terinspirasi dari salah satu “barang” ekspor paling terkenal di sana, yaitu kartun populer TinTin. Desain yang dibuat oleh adidas ini mengambil inspirasi dari pakaian ikonis yang dikenakan sang petualang muda.

Kamu dapat melihatnya dari baju para pemain yang berwarna biru muda dan celana pendek berwarna coklat.

Baca juga: Jersey Bertandatangan Cristiano Ronaldo Milik Kolektor Pernah Ditawar Rp 17 Juta

4. Perancis

Jersey tandang Perancis yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.dok. Situs resmi Nike Jersey tandang Perancis yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.

Perancis mengusung logo ayam jago yang cukup besar di bagian kiri depan jersey tandang mereka. Logo berwarna kuning emas dan merah ini melengkapi motif garis-garis yang mencerminkan warna bendera Tricolore.

Adapun, warna bendera Tricolore secara halus tampak beralih dari biru ke merah pada jersey berwarna putih itu, sehingga membuat gradasinya tampak cantik.

5. Inggris

Jersey tandang Inggris yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.dok. Situs resmi Nike Jersey tandang Inggris yang digunakan dalam Piala Eropa 2024.

Jersey dari Inggris menimbulkan perpecahan setelah dirilis. Sebagian besar disebabkan oleh desain bendera St. George yang kontroversial di bagian belakang leher jersey.

Terlepas dari kontroversinya, jersey tandang ini cukup “menyimpang” jauh dari tradisi. Mereka memperkenalkan desain panel tujuh warna di bagian samping pada jersey berwarna kismis gelap itu.

@kompas.lifestyle Nonton Euro 2024 tentunya harus wangi dong biar lebih semangat. Tapi, katanya parfum bikin jersey menguning ???? Bener enggak yah? Yuk disimak videonya! ?????????‍?????? Kreatif: Nabilla Ramadhian Produser: Nabilla Tashandra #euro2024 #jersey #bajubola #jerseybola #bajujersey #parfum ? MILLION DOLLAR BABY (VHS) - Tommy Richman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com