Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergaya dengan Jersey Bola, Masihkah "Fashionable"?

Kompas.com - 18/06/2024, 21:29 WIB
Nabilla Ramadhian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah gelaran Euro 2024 yang sedang berlangsung sejak Sabtu (15/6/2024), sebagian pencinta sepak bola dengan bangga menggunakan jersey kesayangannya sebagai pakaian sehari-hari.

Bahkan, jersey dari tim, pemain, atau negara kebanggaan pun digunakan walau hanya berada di dalam rumah. Tak jarang, mereka juga memamerkannya dalam unggahan di media sosial.

Akan tetapi, di tengah beragam tren fesyen yang sedang naik daun, apakah gaya mengenakan jersey bola masih dianggap "fashionable"?

Baca juga: 4 Cara Styling Jersey Bola agar Penampilan Lebih Modis

Jersey dan fesyen

Dilansir dari Sharp Magazine, Selasa (18/6/2024), gelombang penggunaan jersey dalam fesyen streetwear sampai high-end diprediksi bakal memuncak pada musim panas tahun ini.

Ketertarikan pada fesyen sepak bola ini berkaitan dengan Euro 2024 yang sedang digelar di Jerman.

Pertandingan ini memang bukanlah Piala Dunia. Namun, orang-orang tetap memanfaatkannya untuk lebih mendalami pertandingan ini, yang mana efeknya juga berpengaruh dalam gaya berpakaian sehari-hari.

Baca juga: 3 Alasan Jersey Klasik Manchester United Laris Dibeli di Indonesia

Ditambah lagi, saat ini terdapat semakin banyak pemain sepak bola yang dipandang sebagai ikon fesyen dengan gaya yang bisa ditiru.

Sebut saja sosok seperti Hector Bellerin atau Jackson Irvine yang belakangan dikenal sebagai pesepakbola yang lekat dengan dunia fesyen.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by He?ctor Belleri?n (@hectorbellerin)

Jauh mundur ke belakang, tentu tak ada yang tidak mengenal seorang David Beckham. Eks kapten tim nasional Inggris dan bintang Manchester United itu sudah banyak lalu lalang di atas panggung mode dunia dan masih berlangsung hingga kini.

Disadur dari The Star, hubungan antara fesyen dan sepak bola bukanlah hal baru. Namun, hubungan itu semakin meningkat beberapa tahun belakangan melalui kolaborasi, koleksi, dan duta terkenal.

Terkait duta terkenal, ada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Keduanya adalah sosok yang paling banyak diikuti di Instagram. Jumlah pengikutnya yang sangat banyak tentu menarik perhatian bagi beberapa merek mewah terkemuka di dunia.

Baca juga: Euro 2024 Berlangsung, Kolektor Incar Jersey dengan Desain Menarik

Jadi, tidak mengherankan jika sosok lainnya yang juga punya banyak pengikut di Instagram, Kylian Mbappe, menjadi duta fesyen untuk parfum Dior, Oakley, dan Rimowa.

BUDAPEST, HONGARIA - 23 JUNI: Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama ke gawang Perancis pada laga Grup F Euro 2020 versus Perancis di Puskas Arena, Hongaria, pada 23 Juni 2021.Angel Martinez - ©UEFA BUDAPEST, HONGARIA - 23 JUNI: Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama ke gawang Perancis pada laga Grup F Euro 2020 versus Perancis di Puskas Arena, Hongaria, pada 23 Juni 2021.

Bahkan, label yang mungkin asing di dunia sepak bola, seperti Balenciaga, Yohji Yamamoto, Stella McCartney, dan Koche, telah meluncurkan koleksi yang banyak terinspirasi dari klub sepak bola, baik itu nyata maupun khayalan.

Ada pula kolaborasi antara Koche dengan AC Milan dan Puma. Kolaborasi seperti itu tidak luput dari perhatian, bahkan menarik perhatian yang luas. Sehingga, mereka membantu mendorong jersey ke garis depan kancah fesyen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com