Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal "Bloke Core" Tren yang Bikin Pengguna Jersey Bola Tampak Kece

Kompas.com - 19/06/2024, 08:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan jersey untuk aktivitas sehari-hari sudah dilakukan jauh sebelum era media sosial.

Namun, seiring berjalannya waktu, intensitas pemakaian yang biasanya dilakukan sehari-hari di luar jadwal pertandingan mulai menurun.

Sebab, banyak yang menganggap jersey kurang modis dan tidak fleksibel karena hanya cocok dipadukan dengan celana jeans. Tren pemakaiannya pun cenderung menurun.

Akan tetapi, belakangan penggunaan jersey sebagai pakaian sehari-hari mulai meningkat, terutama ketika tren "bloke core" muncul sekitar tahun 2021-2022.

Baca juga:

Nah, apa sih tren bloke core dan mengapa tren itu melekat pada penggunaan jersey yang meningkat?

Apa itu bloke core?

Dikutip dari L’Officiel USA, Selasa (18/6/2024), block core adalah sebuah tren di media sosial TikTok yang dimulai oleh Brandon Huntly pada Desember 2021.

Tren ini digunakan untuk menggambarkan estetika tertentu yang mencakup jersey klasik, celana jeans, dan sneakers.

Sementara itu, kata “bloke” adalah kata slang di Inggris untuk laki-laki. Kata “bloke” sering digunakan dalam subkultur sepak bola Inggris.

Konsep bloke core mungkin tampak sederhana. Namun, pakaian olahraga semakin diminati di dunia fesyen yang mewah. Sebab, seringkali jersey—terutama yang klasik—dipadukan dengan barang fesyen dari merek ternama.

Baca juga:

Meski begitu, penggunaan merek ternama tidak diwajibkan dalam tren Blokecore. Lalu, bagaimana cara mengikuti tren Blokecore untuk meningkatkan penampilan?

@chawsuusuulwin You will be seeing me in this all summer thank you ?????????????? #foryou #explore creator reach #outfitinspo #blokettecore coquette outfitideas springoutfits #blokecore ? original sound - wavykaren

Cara mengikuti tren bloke core

Dilansir dari JD Sports UK, starter pack dari tren ini sangat mudah dicari. Kamu hanya perlu memiliki jersey, jaket model track top, celana jeans longgar, celana cargo, atau rok, serta sepasang sepatu kets.

Terlepas apakah kamu mendukung klub favorit di stadion, atau mendukung negaramu di pertandingan internasional, jersey adalah elemen paling penting dalam tren bloke core.

Untuk jersey itu sendiri, kamu bebas memilih apakah jersey dari tim favorit, jersey klasik, atau jersey kolaborasi antara tim favoritmu dengan merek seperti Nike, Adidas, dan lain sebagainya.

Baca juga: Vintage 24 Football Shirts, Toko Jersey Klasik yang Berawal dari Hobi

Sementara padupadannya, jersey bisa dikombinasikan dengan jenis pakaian selain yang telah disebutkan sebelumnya, misalnya dengan rok tenis dan sepatu kets atau high heels.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com